KEAJAIBAN BATIK 06

31 Maret 2009



Pagi ini, jam 06.30 kuayunkan langkahku menuju MIPA
agenda pertama, menambah tsaqofah Islamiyah...dateng KANTIN MIPA.
then kuliah Mikrobiologi bahan makanan dan obat. but ternyata dosennya gak bisa. yadah, kosong dech...then lanjut ngobrol-ngobrol n foto-foto, tak lupa nyicipi snack dahsyat oleh-oleh nya Esty dari Malaysia..hua........bikin geger !!!^_^

kuliah lagi jam 09.20. Toksikologi Lingkungan. tapi tenyata, Pak Prabang juga gak bisa ngajar. huaaaaaaaaaa...........
yadah, ku n sahabat-sahabatQ langsung ngisi amunisi ke kantin. tyuz ke perpus pusat. tapi sebelumnya mereka2 nganterin aku dulu ke Gedung B. ngambil flash disk kesayanganku..karena dy adalah sarana inspirasiku!!!

Di perpus pusat....baca-baca. ku tertarik ma bukunya Ust. Yusuf Manshur. KUN FA YAKUN...
jam 12 kita ber5 jalan balik lagi ke MIPA. harus muter sekarang...secara, DPR nya dah gak ada...hu...hu...sholat, tyuz jam 12.30 kuliah Ekologi. Foto-foto dulu satu kelas meski mungkin gak lengkap. coz hari Selasa dah ditetapkan sebagai HARI BATIK ANGKATAN 2006....wow, gayenk!!!

E, ternyata kuliah Ekologi akhirnya KOSONG juga!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Horeeeeeeeeeeee...........

"Bener-bener KEAJAIBAN BATIK!!!" gitu temen-temen menyebutnya!!! 3 mata kuliah kosong!!!!

Nyenengkeh....

HARI INI HARINYA PINK

29 Maret 2009


Pagi ini kita semua dah sibuk dengan aktivitas masing-masing. dari nyapu, nyuci, nyetrika, buang sampah, nata-nata kamar, dan laen-laen. anak kost lah, harus mandiri. tapi mandirinya yang plus!!! plus berprestasi gitu!!!

Hari ini Pink akan mengikuti sebuah kompetisi besar "PERANG KETELA". tapi, ketelanya gak bakal kita jadiin senjata kok, gak bakal kita lempar-lempar ma peserta dari kost muslimah yang lain. tapi akan kita kreasikan lewat kompetisi masak memasak, berdasarkan imajinasi dan kraetivitas masing-masing kost.

Jam 9 Laskar Pink yang saat itu beranggotakan 10 orang, karena anggota Pink yg lain banyak yang mudik n ada agenda lain, jadi kita ber-10 berangkat...PKS, Pejalan Kaki Sehat!!! menuju GOR...dengan bawaan yang cukup "mbrengkut", mulai dari kompor, wajan, uleg-uleg, sakwadyabalane...piranti masak-memasak dech..

Dalam satu tim, pesertanya hanya 3-5 orang, dan syaratnya harus angkatan 2007-2008. jadi kita-kita yang sudah angkatan menjelang tua (he8x)...didaulat jadi supporter ajah... aku n mb'thicko yang notabene super twins ^_^, mulai berkreasi bikin yel-yel...Octa juga ikutan.

Nih yel-yel nya yang kita nyanyikan penuh semangat!!!

Satu dua dan tiga
Assalamu’alaykum
Kami dari kost Pinky siap untuk beraksi
Hai ukhti yang di sana
Kenapa diam saja??
Ayo.. ayo… masak bareng kita
Langkah ayunkan kaki
Sambil berseri-seri
Bersama sang mentari
Di pagi hari ini
Ayolah Sri Rejeki
Semangat tiada mati
Sukses..sukses..
Di perang tela ini…

Yel-yel kedua :
Kasih Semangat‼!
Masak terus… Plok 3x
Goreng terus… Plok 3x
Mak Nyuz!

Rasane.. mak Nyuz‼
Tenagane. Rosa.. Rosa.. ‼!(hi8x.. versi Mbah Marijan)


SRI REJEKI....???!!!
S = SMART n SHOLIHAH
R = RUHIYAH OK!!
I = INOVATIF

R = RAMAH
E = EMPATI
J = JIWA PEMBELAJAR
E = ENERJIK
K = KREATIF
I = INSPIRATIF


LASKAR PINK berkreasi dengan penuh semangat!!! apalgi supporternya...tak kalah semangat!!!

Masakan kreasi kita : BU COMBI (BUKAN COMBRO BIASA!!!) Gerrrrr.......gayenk tenan!!!

Jam 11.00 pengumuman… Alhamdulillah Laskar Pinkerz dengan Bu Combi-nya berhasil menjadi juara I dalam lomba masak ini…Kita pun mendapat hadiah dari panitia..
Horeeee‼ Pasca pengumuman pemenang, kita sontak berseru ..."Alhamdulillah, ROSA-ROSA!!!!"
Juara II dari kost akhwat FE dan juara III dari kost akhwat FP.

Pulang ke kost dengan hati sumringah...perjuangan kita tidak sia-sia, kawan...
Tambah satu lagi PRESTASI kita hari ini...
Semoga Allah berkenan meridhoi...

SALAM SUKSES LUAR BIASA UNTUK LASKAR PINKERZ!!!!

CATATAN SABTUKU (tawa bahagia, rintihan luka, semangat yg membara...)


Pada setiap fajar, ada dua malaikat yang berseru, “ Wahai anak Adam aku adalah hari yang baru, dan aku datang untuk menyaksikan amalan kamu. Oleh sebab itu, manfaatkanlah aku sebaik-baiknya. Karena aku tidak akan kembali sampai hari pengadilan..” (H.R Tirmidzi)

SEMANGAT NUNG‼ SPIRIT‼
(begitu tulisan di white boardku…ku baca tulisan di jadwalku hari ini, 28 Maret 2009…”KAMPANYE PKS”. Ehm…pasti hari ini heroik banget‼! Full spirit nich…)

Ku mulai hari ini dengan “sesuatu” yang semoga dapat terus menjaga ruhiyahku..
Sebelum berangkat KSP, sambil nunggu mb’est, ku posting putaran kehidupan ku kemarin “Sebuah Keajaiban”…”The Miracle of My Life”

KSP pagi ini diisi oleh Ust. Abdul Hakim, dengan siroh “Hafsah binti Umar”. Dalam hati kecilku berkata, semoga aku bisa meneladani keistimewaan beliau dan keluarga beliau. Amiin…

Selanjutnya, ngisi “bensin jasadiyah” dulu…semoga dapat menambah kekuatan jiwa dan raga ini…(sarapan bareng anak-anak Kost Pink)

Jam di tanganku menunjukkan pukul 8 teng…Sholat Dhuha dulu…tyuz siap-siap DS…(Alhamdulillah, dipermudah, so dapat boncengan U’Ita..Terima Kasih Ya Rabb…Jadi inget pas kampanye tanggal 18 lalu…). Next : DPC Jebres, tujuan kita‼ (di jalan menuju DPC ada kecelakaan‼!).

Sampai DPC, ambil amunisi, tyuz kita ke lokasi target sasaran..SERU‼‼ (ada kejadian lucu juga…). Setelah selesai, kita ke FT, ada yg harus ditemui. Then ke DPC lagi, coz tadi ada ibu-ibu yang request kaos mo dipake kampanye nanti siang. Di DPC banyak caleg‼

Setelah tugas selesai, nemenin saudariku itu sarapan…e, liat saudaraku pake “batik”. Sibuk banget kaya’nya…Semangat‼

Jam yang melingkar di tanganku menunjukkan pukul 09.35. Lokasi selanjutnya yang kita tuju…TECHNOPARK SOLO. Kumpul ma ikhwah-ikhwah yang mau ikut kampanye )8(…Awalnya kita berdua bingung, kok di pinggir jalan banyak ikhwan doang, yang akhwat mana???

Akhirnya kita jalan pelan-pelan dulu…Alhamdulillah, ada ikhwan yang mengkode kita untuk masuk ke jalan itu. Ternyata yang akhwat kumpul di sana. Baru aja kita mau belok kanan, mendadak…braaaakkkk…..kecelakaan itu tak terelakkan lagi (seingatku, ku sempet nengok ke belakang n ku langsung bilang, “Ita, awasss‼!” tapi ternyata suaraku gak terdengar olehnya…). Sepeda motor yang dinaiki kakak-beradik itu menabrak kami. Braaaakkkkkk…. Astaghfirullohaladzim, hanya kata itu yang terucap‼!

Kejadian berlangsung begitu cepat… Aku terpental ke belakang, bruukk…gedebug…di jalan beraspal itu…hiks…hiks…atit‼! Mau berdiri berat banget tubuh ini kuangkat…tapi karena “ada kekuatan yang mendorongku” untuk dapat segera berdiri…meski harus meringis menahan perih…akhirnya ku mampu berdiri, meski harus berjalan agak tertatih…tubuh ini gemetar banget‼‼ langsung ku bantú u’ita untuk berdiri dan menepi…beberapa akhwat segera menghampiri kami… (i’m so shy…secara, banyak ikhwan yang kukenal, yang notabene kakak tingkatku di SMA n sodara-sodara seperjuangan dikampus)hu…hu…hu…

Dikasih minum, air kemasan logo PKS. Bikin semangat aja‼! Alhamdulillah, kita berdua gak mengalami luka yang serius. Justru kakak-beradik itu yang berdarah dan terluka kakinya. Sepeda Ita langsung dibawa ke bengkel. Kita berdua cuma lecet dikit, tapi pegel-pegel…njarem gitu…setelah beradu dengan jalan beraspal tadi.. But, Hadapi dengan senyuman aja‼ Akhwat Qowwi gitu‼!

Jam 10.45 WIB, pawai pun dimulai…Kita akan putihkan Solo. MENEBAR AURA KEMENANGAN‼! Seru banget‼‼ Muter-muter SOLO‼!



Sampai di lapangan, semangat ini semakin membara‼! Sakit itu pun dah gak terasa. Aku langsung membaur dengan sahabat-sahabat perjuanganku yang lain. Acaranya sangat seru…yang paling lucu, ada lomba nangkep Mus musculus…hi8x…diibaratkan koruptor yang harus dimusnahkan gitu…gayeng‼!


Jam 15.45 acara di lapangan berakhir. Tidak lupa kita mengabadikan moment yang bersejarah ini. Setiap jengkal peristiwa yang terjadi dalam hidupku harus bisa didokumentasikan…he8x… ******
Pawai dilanjutkan lagi…sampai di daerah kampus…
Akhirnya, sampai kost Pink dengan selamat… langsung deh, ada konferensi pers…he8x…
---------------------------------------------------------------------------------------------------Setidaknya Aku belajar banyak hal atas peristiwa yang menimpaku hari ini…Banyak-banyak istighfar Nung‼! Allah telah memberikan “pelajaran berharga” buat kamu hari ini.. ntah ini berupa teguran atau “pengampunan”, tapi yakinlah Allah sudah mengatur itu semua…tinggal bagaimana kamu menyikapinya…

Teruntuk sdrQ, afwan jiddan atas “kebodohan kecilku” yang ku lakukan sebelum pukul 5 tadi..
Teruntuk sahabatQ, afwan jiddan ku belum bisa maksimal membantu kesulitanmu…
Teruntuk partner kampanyeku, luph u coz Allah…semoga Allah senantiasa mempermudah jalan juangmu…
Teruntuk partner jatuhku, jangan menyerah ukh‼! AKHWAT TANGGUH, PANTANG MENGELUH‼! He8x…
Teruntuk semua orang, afwan jiddan atas kekhilafanku hari ini, ntah yang kusengaja atau tidak...


Untuk sahabat-sahabat dakwahku. Kepada Allah kupinta agar 1000 malaikat membimbing setiap langkahmu. Sejuta cahaya tak padam menerangi jalanmu. Tak terbilang tangan menjagamu. Tak banyak aral menghadangmu. Teruslah bergerak dan tetaplah istiqomah.

(Ditulis saat sepertiga malam, menjemput pagi di hari Minggu…meski rasa “sakit” itu masih tertinggal..tapi semoga Allah berkenan segera memberikan kesembuhan…karena hari ini harus ada “PRESTASI” lagi yang harus ku torehkan, harus ada “JEJAK BARU” lagi yang harus ku tinggalkan, harus ada “CATATAN” penuh makna yang harus ku goreskan…untuk membuat HARI INI TIDAK BERLALU TANPA ARTI…‼!)

MUHASABAH CINTA
Wahai … Pemilik nyawaku
Betapa lemah diriku ini…
Berat ujian dari-Mu
Kupasrahkan semua pada-Mu…

Tuhan…baru kusadar
Indah nikmat sehat itu
Tak panda aku bersyukur…
Kini kuharapkan Cinta-Mu…

Tuhan…kuatkan aku
Lindungiku dari putus asa
Jika ku harus MATI
Pertemukan aku dengan Mu….

Kata-kata CINTA terucap indah
Mengalir berdzikir di kidung DOA ku
SAKIT yang kurasa biar jadi PENAWAR DOSAKU

Butir-butir CINTA air mataku…
Teringat semua yang Kau beri untukku
Ampuni khilaf dan salah selama ini…
Ya ilahi…
MUHASABAH CINTAKU…

SEBUAH KEAJAIBAN

28 Maret 2009


270309

Sebuah hari yang fantastis menurutku‼! 27 dibagi 3 berapa??? 9 kan???he22x…fantastis bukan?? 9 dikali 3 berapa ??? 27 bukan??? Lho..lho…malah itung-itungan‼

JEJAK HARI INI :
Perpus Pusat-Lomba Debat Gedung B MIPA(Jadi supporter) - Creek Danau Pertanian (Lotisan ma Adek”) -Rumah Sakit Brayat Minulyo jenguk d’Tia - tepar (gak jadi rapat di porsima. Dasar dung-dung‼ he22x…)-Warnet Salwa - Kost Pink - Bilik Inspirasiku

Prestasi hari ini
: Alhamdulillah, dapat juara 1 Lomba Artikel MEDALI 2009 BEM FAKULTAS MIPA, mewakili SKI dengan sub tema : “Menilik Kemungkinan Tingginya Angka GOLPUT pada Pemilu 2009” (Sebuah “keajaiban” menurutku…secara, ku cuma bikin dalam waktu gak nyampe setengah jam‼ pake jurus ngawur pula…he22x..).

Alhamdulillah, tetep bersyukur‼ Alhamdulillah, dapat nambah satu lagi koleksi piala sewaktu kuliah (jadi 3 dech…). Ayo, Nung‼ TAMBAH LAGI KOLEKSI MU‼!

SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!

Kata SEMANGAT di atas ada berapa hayo??
Yups, ada 8‼!
Jangan lupa CONTRENG NO.8‼! (Lho, kok malah jadi kampanye gini sich??. Maklumlah hari ini [280309] kita akan mengikuti kampanye terakhir PKS di Solo. Bismillah, semoga lancar‼!amin…)

Terima kasih Ya Rabb…Terima kasih untuk skenariomu yang begitu indah…
Semoga “PRESTASI KECIL” hari ini bisa terus menyemangati diri ku untuk terus dan terus berprestasi lagi di kemudian hari…‼!

SALAM SUKSES LUAR BIASA!!!!!!!!

SEBUAH KEAJAIBAN


270309

Sebuah hari yang fantastis menurutku‼! 27 dibagi 3 berapa??? 9 kan???he22x…fantastis bukan?? 9 dikali 3 berapa ??? 27 bukan??? Lho..lho…malah itung-itungan‼

JEJAK HARI INI :
Perpus Pusat-Lomba Debat Gedung B MIPA(Jadi supporter) - Creek Danau Pertanian (Lotisan ma Adek”) -Rumah Sakit Brayat Minulyo jenguk d’Tia - tepar (gak jadi rapat di porsima. Dasar dung-dung‼ he22x…)-Warnet Salwa - Kost Pink - Bilik Inspirasiku

Prestasi hari ini
: Alhamdulillah, dapat juara 1 Lomba Artikel MEDALI 2009 BEM FAKULTAS MIPA, mewakili SKI dengan sub tema : “Menilik Kemungkinan Tingginya Angka GOLPUT pada Pemilu 2009” (Sebuah “keajaiban” menurutku…secara, ku cuma bikin dalam waktu gak nyampe setengah jam‼ pake jurus ngawur pula…he22x..).

Alhamdulillah, tetep bersyukur‼ Alhamdulillah, dapat nambah satu lagi koleksi piala sewaktu kuliah (jadi 3 dech…). Ayo, Nung‼ TAMBAH LAGI KOLEKSI MU‼!

SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!
SEMANGAT ‼!

Kata SEMANGAT di atas ada berapa hayo??
Yups, ada 8‼!
Jangan lupa CONTRENG NO.8‼! (Lho, kok malah jadi kampanye gini sich??. Maklumlah hari ini [280309] kita akan mengikuti kampanye terakhir PKS di Solo. Bismillah, semoga lancar‼!amin…)

Terima kasih Ya Rabb…Terima kasih untuk skenariomu yang begitu indah…
Semoga “PRESTASI KECIL” hari ini bisa terus menyemangati diri ku untuk terus dan terus berprestasi lagi di kemudian hari…‼!

SALAM SUKSES LUAR BIASA!!!!!!!!

KEMBALIKAN DPR-KU‼!


Di bawah pohon rindang itu…
Ku memulai kehidupan ku di dunia yang baru di MIPA
Merasakan kesejukan angin yang berhembus
Menikmati teduhnya dedaunan
Mampu usir penat yang bersemayam dalam diri
Membuat lelah sirna sudah
Seiring sepoi angin yang menerpa..
Di bawah pohon rindang itu..


Pagi ini MIPA kelihatan lebih panas, lebih “terbuka”, tak seperti biasanya. Betapa terkejutnya diri ini, ketika melihat pohon-pohon itu sudah tidak berdiri lagi di tempatnya‼! Ada beberapa orang pekerja di sana ditemani alat-alat berat yang membantu pekerjaan mereka. Satu jawaban yang kutemukan, Gedung C akan segera dibangun…tapi yang sedikit ku sesalkan, “kenapa harus DPR-ku yang jadi korban???” hiks…hiks….banyak kenangan yang tlah kuukir di sana, tak terhitung lagi berapa jumlahnya‼! Semua sudah menjadi bagian dalam hidupku, terekam manis dalam memory otakku, dan mungkin juga tlah tercatat rapi dalam buku harianku…

Di bawah pohon rindang itu, ku pernah berkumpul koordinasi BIOSPHER dari tahun 2006-2008, AAI, Halaqoh, praktikum bareng temen”, cari Kang Bufo sp., belajar bareng temen”, lotisan bareng temen”, acara-acara SKI+HIMABIO+BIAS+kajian+diskusi,dll…
banyak sekali moment-moment bersejarah yang tlah terpatri dalam hati ini, dan semua itu terjadi di DPR‼

Teruntuk sahabat-sahabat alamku, Tectona grandis, Elephantropus scaber, Pterocarpus indicus, Ceiba pentandra, Musa parasidiaca, Artrocarpus integra, dkk…yang sabar ya‼!
Yakinlah, Alloh selalu beri yang TERBAIK ‼!

(Dari orang yang pasti akan merindukan saat-saat duduk di sekitarmu…)

TENTANG AKU, KAU DAN DAKWAH KITA

27 Maret 2009

Saat gerimis menebas senja
Ingatlah di tiap derai ada sebait lagu
Tentang aku, kau dan dakwah kita..
Dakwah, bukan sekedar aksara yang terejawantahi
Melainkan berjuang untuk perjuangan
Yang tiada terputus dan tiada pernah pupus
Meski didera cerca
Meski terpatah

Senandungkan di setiap helaan nafas
Dengan nama Allah dan segala kemahaannya
Kami pasukan tak berpedang dan bergenderang,
Yang akan mengibarkan panji-panji Islam
Kami-lah yang akan membuat sejarah kejayaan Islam
Kami-lah yang akan membangun peradaban Islam

Bila suatu ketika
Kau terjatuh lalu luka…
Basuhlah dengan IKHLAS
Karena dakwah ini lebih dari sekedar asa
Jika kau sendiri dan sepi menyapamu
Biarkan sunyi itu menepi
Ingatlah kebersamaan ini
Sebagai AZZAM
Meski ruang dan waktu menghempaskan
Hingga menjadikan kebersamaan ini sebagai KENANGAN

Perjalanan ini tidak selalu dihiasi bait tawa, maupun lirik duka
Maka untailah dengan impian dan cita
Agar kita tetap berjalan dan tegak melangkah…

“Kejayaan Islam ditulis dengan darah para syuhada dan tinta para cendekia”

“Kini dengarkanlah…dendangan lagu tada ingatanku…
kepadamu teman…
Agar ikatan ukhuwah kan bersimpul padu.
Kenangan bersamamu….tak akan kulupa
Walau badai datang melanda…
Walau tercerai jasad dan nyawa…‼!”


(dari lembaran yg selalu "menuntutku" untuk bisa serius mengemban amanah ini!!!!)

MENGUSUNG KEMENANGAN DAKWAH


Pagi mengawali denyut nadi kehidupan, menggerakkan jiwa dan raga untuk menganyam helai demi helai berjuta harapan. Bekerja dan berusaha demi masa depan…untuk meraih satu kata, sebuah mimpi dan asa, yaitu KEMENANGAN‼!


CATATAN 260309

Seperti biasa, ku bawa raga ini dengan ayunan langkah kaki ala PKS (Pejalan Kaki Sehat) he8x..menuju sebuah tempat yang aku yakini pasti nanti aku akan mendapatkan “sesuatu” yang LUAR BIASA dan SPEKTAKULER di sana…

Jam 07.27 WIB aku sudah memasuki ruangan itu. Sebuah ruangan yang sudah disulap dan didesign sedemikian rupa sehingga memberikan kesan…”ini serius ukh…ini bukan main-main…kita akan mempersiapkan diri kita untuk menjemput KEMENANGAN‼!”.

Titik api semangat ini mulai menemukan fokusnya, sehingga kobarannya pun menjadi semakin besar dan terus membesar. Menggelorakan jiwa-jiwa yang semula dirundung keraguan dan menyimpan sejuta tanya..Tapi, secercah cahaya kemudian menyelinap relung hati…
“BERSAMA DAKWAH, HARAPAN ITU MASIH ADA‼!”

Hari ini aku mengikuti “HEART QUOTION” bersama trainer Ust. Suwodo Abu Durro dari Jogjakarta. Sebuah awalan yang menarik dimana para peserta diharuskan untuk mematuhi “rambu-rambu penumpang” dan “berkonsentrasi” untuk mensinergiskan otak kanan dan otak kiri kita.

Trainer yang sangat apresiasif, persuasif, dan yang jelas INSPIRATIF‼!
Ada beberapa “MATERI” yang beliau sampaikan, apa ya???
So, check it out‼!

BEKERJA SECARA IKHSAN

1. KERJA IKHLAS
“Sebaik-baik usaha adalah usaha seorang pekerja apabila ia mengerjakannya dengan tulus” (HR.Ahmad)
Agar kita dapat bekerja dengan ikhlas, kita perlu kembali menjaga, menata dan meluruskan niat kita, menguatkan tekad kita, memiliki keberanian, keyakinan dan sikap optimis, yang kesemuanya itu ditujukan hanya untuk Allah swt, bukan untuk selain-Nya.
Untuk dapat bekerja dengan ikhlas, terlebih dahulu kita juga harus mengetahui dan mengenali potensi yang ada pada diri kita masing-masing.

Optimalkan Potensimu ‼!
a. Tentukan TUJUAN
Apapun, jika kita punya tujuan, kemudian kita konsentrasi penuh dan fokus, kita pasti bisa menjadi PEMENANG‼
b. Lakukan PERUBAHAN dalam diri kita.
c. Berani menembus BATAS
- Keluarkan “mental blok/penjara mental” yang ada pada diri kita.
- Berani melakukan sesuatu ¡!
- Jangan takut mencoba…karena fakta di lapangan telah membuktikan bahwa apa yang kita takutkan, 99% TIDAK TERBUKTI…
- Lakukanlah sesuatu di luar kebiasaan kita‼
d. Lakukan hal yang :KECIL”
e. Mulailah SEKARANG juga‼

SESUNGGUHNYA Allah swt TELAH MENTAKDIRKAN DIRI KITA SEBAGAI PEMENANG‼! (Flash Back “Proses Penciptaan Manusia…”)


BELENGGU YANG MENGHALANGI :


1.) Tidak paham (Q.S. 33:72, Q.S. 14:34)
2.) Prasangka (Q.S. 49:12)
3.) Merasa cukup (Q.S. 96 : 6-7)
4.) Kesombongan (Q.S. 17:83)
5.) Berbantah-bantahan (Q.S/ 18:54)
6.) Iri, Dengki, Srehi (Q.S. 4:32)
7.) Keluh Kesah (Q.S.70:19)
8.) Kemalasan (Q.S. 9:38)
9.) Ketakutan (Q.S.9:40)

VIRUS-VIRUS TEKAD :
1.) Marah
2.) Banyak bicara
3.) Putus Asa
4.) Suka disanjung
5.) Tidak tahan kritik

2. KERJA KERAS
Buka : Q.S. Al Ankabut : 65

3. KERJA CERDAS
Kita harus mampu mengoptimalkan kerja otak kanan dan otak kiri kita secara proporsional (seimbang).
OTAK KIRI (Short Term Memory)
- Konvergen (fokus)
- Digital
- Abstrak
- Proporsional
- Analitik
- Linear
- Rasional
- Obyektif
OTAK KANAN (Long Term Memory)
- Divergen
- Analogi
- Primer
- Konkret
- Sintetik
- Holistik
- Relasional
- Subjektif

GELOMBANG OTAK
- Delta : tidur
- Alfa : jernih, mampu belaar dengan baik
- Teta : relaks, baik untuk bekerja
- Beta : bingung, stress, frustasi

4. KERJA TUNTAS
Buka : Q.S. Alam Nasyrah : 7

Jadi, BEKERJA SECARA IKHSAN memiliki beberapa kharakter :
1. Muroqobatullah (senantiasa merasa diawasi oleh Allah swt.)
2. Perintah Allah
3. Ada balasan
4. Kebersihan hati

Dan beberapa “materi pendobrak motivasi + slide-slide inspiratif” yang beliau sampaikan.

Acara diakhiri dengan muhasabah bersama. Dan air mata itupun menetes..merasa diri sudah terlalu lama berkubang dalam gelimangan dosa, merasa diri sebagai hamba yang hina di hadapan-Nya, air mata ini adalah air mata permohonan ampun hanya pada-Nya, sekali lagi, hanya untuk-Nya‼!

Terima kasih untuk bapak, ibu, mas dody, mb'thicko, semua keluarga besarku, sahabat-sahabat tercinta, saudara-saudara dimanapun berada, para pejuang agama Allah, dan semuanya...Afwan jiddan, jika nungma terlalu sering berbuat salah dan merepotkan...semoga Allah berkenan memberikan ampunan. amin...

(Selesai nulis = 21:42 WIB). Have A Nice Dream…
)!( Tomorrow Must Be BETTER‼! )!(

DAKWAH SEPANJANG HAYAT

26 Maret 2009


Jalan dakwah itu cukup panjang hingga tak terlihat pangkalnya…
Dakwah tak mengenal istirahat karena istirahatnya seorang aktifis dakwah adalah di surga
Kereta dakwah akan terus melaju dengan atau tanpa kita…
Akankah kita rela jika tertinggal…?


Di lain sisi…
Banyak aktifis dakwah yang undur diri secara perlahan ataupun ‘minta cuti’
“Akh, ana mau ijin dulu untuk tidak terlibat dalam kegiatan dakwah, ana mau konsen kuliah dulu”
“Ukhti, ana sudah lelah dengan dakwah ini, tidak ada saudara yang membantu, ana kecewa, lebih baik ana undur diri saja”


Di bumi yang lain, banyak aktifis dakwah yang futur setelah lulus kuliah, bekerja atau setelah kembali ke kampung halamannya, tak jarang didapati mereka yang dulunya berkecimpung di dakwah kampus kini penampilannya jauh dari yang dulu, tidak mau peduli dengan dakwah bahkan tidak bertegur sapa dengan teman lamanya. Hingga akhirnya orang-orang itu semakin memperpanjang barisan orang-orang futur, barisan “mantan dai”, naudzubillah…

Dakwah sepanjang hayat…
Dakwah tak hanya di pesantren, kampus dan sekolah
Dakwah harus terus kita serukan kapan saja dan dimana saja
Selama hayat masih dikandung badan
Dakwah tak mengenal usia
tak hanya untuk kaum muda atau mahasiswa
tidak irikah kita kepada kisah bapak dan anak yang berebutan untuk pergi berperang
sang bapak yang usianya sudah tua merasa tidak ada kesempatan lain lagi
tapi sang anak menjawab “jika bukan karena surga ayahanda,tentu aku lebih mendahulukanmu..”

Istiqomah…. Itulah kuncinya!!!

Sebuah kata yang maknanya cukup berat hingga Rasulullah beruban ketika mendengar ayat tentangnya.
Bagaimana agar kita bisa tetap istiqomah dalam dakwah?
Dan sebenarnya apa saja keutamaan dakwah?
Semoga tausiyah di bawah ini bisa memotivasi kita untuk istiqomah dalam dakwah


Kenapa Dakwah?

- Dakwah adalah amal yang “WAH”
3 ciri amal unggulan:
1. tidak banyak yang melakukan
2. wilayah penerima manfaatnya banyak
3. berat untuk dilaksanakan

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya Aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?”
(QS.Al Fushilat:33)

- Dengan dakwah kita memperoleh “IZZAH”
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS.Ali Imron:110)

- Dengan dakwah hidup kita jadi “BERKAH”
Barokah=ziyadatul khoir
4 kunci kebahagiaan hidup:
1. istri yang sholihah
2. rumah yang nyaman
3. kendaraan
4. tetangga yang baik

- Dengan dakwah kita bisa memperoleh “JANNAH”
Gambaran surga berdasarkan Al Qur’an dan hadist diantaranya:

o Menu surgawi: “Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya. Dan Itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan.” (QS. Az-Zukhruf 71-72)

o Cuaca taman surgawi: “Di dalamnya mereka duduk bertelakan di atas dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan. Dan naungan (pohon-pohon surga itu) dekat di atas mereka dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya.” (QS. Al Insan: 13-14)

o Bidadari di taman surgawi: “Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni syurga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin.” (QS. Ar-Rahman:56)

Ternyata untuk terus berdakwah tidak mudah…
Ternyata untuk terus berdakwah perlu mujahadah…
Maka Istiqomah-lah…


Ada wasiat dari Al Qur’an yang memerintahkan kita untuk istiqomah
“…….aamantu billah tsummastaqim…” yakni dari surat Al Ahqaf:13 yang artinya:
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah”, Kemudian mereka tetap istiqamah, Maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.”


Bukti keistiqomahan…

- cambuk dan tombak merobek kulit keluarga Yasir
- peluh bercampur darah membasuhi bilal saat ditimpa batu di bawah terik matahari, dll
Istiqomah berupakan buah keimanan.

Ust.Rahmat Abdullah pernah mengajarkan sebuah do’a:
“Ya Allah, jadikan kami penerus mata rantai dakwah untuk generasi sesudah kami. Jangan jadikan kami pemutusnya dengan keengganan dan kemalasan kami.

Lets Be an ‘Istiqomah Man’!!!
Bekalnya:
- berpuasa di hari yang panas untuk menghadapi hari kebangkitan
- sholat 2 rakaat di tengah malam gelap gulita
- melaksanakan ibadah haji untuk menghadapi cobaan besar
- bersedekah kepada orang miskin
- ucapkan kalimat yang baik dan hindari tutur kata yang tercela
(nasehat Rasulullah kepada Abu Dzar)

Kiat be an ‘Istiqomah Man’:
1. Instal (kerjakan dengan kontinue dan ikhlas): program tahajud, puasa sunnah, sholat jamaah, amal kebaikan, ziswaf, tilawag dan hafalan.
2. Kuatkan amal jama’i
3. Jaga liqo’at tarbawi kita
4. Kuatkan ukhuwah
5. Gandakan kesabaran

(dari berbagai sumber)

READ IT !!!

23 Maret 2009

"Diantara ciri2 kebahagiaan dan kemenangan seorang hamba adalah bila ilmu pengetahuannya bertambah,bertambah pula kerendahan hati dan kasih sayangnya. Setiap bertambah amal-amal shalih yang dilakukan,bertambah pula rasa takut dan kehati-hatiannya dalam menjalankan perintah Allah. Semakin bertambah usianya, semakin berkuranglah ambisi-ambisi keduaniaannya. Ketika bertambah hartanya,bertambah pula kedermawanan dan pemberiannya kepada sesama. Jika bertambah tinggi kemampuan dan kedudukannya,bertambahlah kedekatannya kepada manusia dan semakin rendah hati kepada mereka.Sebaliknya, ciri-ciri kecelakaan adalah ketika bertambah ilmu pengetahuannya semakin bertambah kesombongannya.Setiap bertambah amalnya,kian bertambah kebanggaannya pada diri sendiri dan penghinaannya pada orang lain.Semakin bertambah kemampuan dan kdudukannya,smkin bertmbh pula ksombongannya."
(al-Fawa’id,Imam Ibnul Qayyim)

KYDEN BERDUKA

22 Maret 2009



Sabtu, 21 Maret 2009

Dulu kita pernah berbagi dalam hangatnya keceriaan…
Kita juga pernah berbagi dalam alunan melodi canda yang membuat gelak tawa…
Parasmu lucu…
Tingkah mu tak pernah bikin jemu kala ku memandangmu…
Semua itu masih ku rasakan 2 minggu yang lalu…

Sekarang, tiada lagi “sosok gembul” yang menyambutku…
Di kala ku pulang ke rumah untuk sekedar melepas rindu…
Tuk sekedar melepas penatku kala bermain dengannya…
Dengan mengusik tidurnya atau memegang ekornya

Sosok Ipul yang lucu kini tlah tiada.
Berpisah dengan ku sebelum kita sempat bertemu…
Ipul, terima kasih untuk setiap kebahagiaan yang tlah diberikan padaku dan keluargaku…
Semoga kau tenang di alam sana… (hiks…hiks…hiks…)

Tapi ku yakin Ipul itu PKS (Pasti Ke Surga)…^_^

(Yang akan selalu merindukan “sosok mbunthuk + suara meong berisikmu”, KYDEN)

IMAGINE YOUR WORLD ‼!



Duniaku adalah tempatku untuk berkarya. Tempatku berpikir, bergerak, dan menghasilkan sesuatu. Merumuskan ide-ide cemerlang demi sebuah VISI dan MISI yang ingin direalisasikan…

Duniaku adalah saat dimana aku tumbuh dan belajar. Belajar untuk menjadi sosok yang dapat memberi kemanfaatan dan menjadi pribadi inspiratif.

Duniaku adalah tempatku untuk berkarya dan menyembuhkan dahagaku yang begitu haus akan ilmu…

Duniaku adalah tempatku untuk berimajinasi..merangkai satu demi satu mimpi-mimpiku.. menyusun kepingan-kepingan puzzle untuk mewujudkan suatu HARAPAN‼!

Semoga Alloh senantiasa meridhoi…Amiiin…

FRUITY PARTY

20 Maret 2009

DPR 10.30-11.30...20 MARET 2009...SATU HARI SEBELUM THEMY BERANGKAT KE MALAYSIA...

Siang ini, aku, ana, esty (themy), ida, dinah, ame, fina, ulfa, risha, sandra, sukma dan sari gak seperti biasanya..he22x... kita" ngadain acara kumpul bareng di DPR sambil lotisan, sharing, curhat, sampe menilai plus minus satu sama lain...kereeen n gayeng pokoke!!!
inti acaranya kita ngadain surprise party buat esty coz besok pagi-pagi mruput dy dah harus terbang ke negeri jiran...

aku ngrasa bahagia banget...bersama mereka!!!
aku bahagia bisa menjadi bagian dari mereka...
selalu berbagi dalam suka dan duka...
selalu ada di saat yang lain tiada...
aku sayang mereka...
aku mencintai mereka...
mereka adalah motivator dan inspiratorku!!!
penguat langkah tertatih ku...
pemacu semangatku...

tetap jaga ukhuwah ini sampai nanti...
sampai kita bertemu di jannah-Nya..

amin...

(Dan lagu Rabithah pun menjadi alunan bukti jalinan persahabatan kita..... aku pasti merindukan saat-saat seperti ini. maafkan Nungma jika belum bisa jadi sahabat yang baik. I love U all coz Alloh..)

NARASI POSTERKU...



GERAKAN MAHASISWA SUKSESKAN
PESTA DEMOKRASI 2009
UNTUK MENUJU INDONESIA LEBIH BAIK

Genderang kompetisi politik menuju pemilu 2009 telah dibunyikan. Tanggal 9 April mendatang Bangsa Indonesia akan melangsungkan pesta demokrasi. Pemilu legislatif yang akan menentukan keberlangsungan bangsa ini untuk menuju kehidupan yang lebih baik, khususnya untuk jangka waktu lima tahun ke depan. Ada 44 parpol yang terlibat, diibaratkan suatu puzzle yang harus disusun. Adanya untuk saling melengkapi, tiadanya untuk saling mengisi.

Posisi strategis mahasiswa berada pada statusnya sebagai kaum terpelajar yang kritis. Seringkali atas perannya yang strategis, mahasiswa mendapatkan titel “agent of change”.
Selain itu, gerakan mahasiswa harus mampu menerjunkan diri dalam kompetisi politik 2009. Keterlibatan gerakan mahasiswa tidak hanya sebatas berangkat dari semangat idealismenya atau sebatas kebanggaan diri di pentas sejarah. Namun, merupakan bukti tanggung jawab kita sebagai calon pemimpin yang memiliki hak waris terhadap keberlanjutan masa depan bangsa ini. Mahasiswa bisa berperan dalam upaya penyadaran politik kepada rakyat, sehingga diharapkan dapat menekan angka golput yang saat ini sangat dikhawatirkan.

HARAPAN ITU MASIH ADA!!!

Alhamdulillah, akhirnya aku kemaren (tgl 18)bisa ikut pawai (cerita kapan-kapan ya...yang jelas aku bersyukur banget.
Alloh banyak beriku kemudahan...

AURA KEMENANGAN ITU SUDAH DI DEPAN MATA!!!

RABU PRESTATIF !!!

18 Maret 2009

Pagi ini kost Pink ribut!!!!!!!!
Kita lolos seleksi tahap pertama lomba kost teladan....huaaaaaaaaa...
Langsung dech kita mengerahkan massa untuk lebih mempercantik kost.
penilaian akan dilakukan selama 3 hari...
SEMANGAT PINKER'Z!!!!
Ku jadi lupa kalo hari ini ada kuis ekofiswan (pura-pura dink...)
Ya Allah, berikan hamba kemudahan...
Dah ya, nungma mau berangkat ke kampus. jam 7.30 kuiz!!!
(hiks...gak bisa ikut pawai...padahal pengiiiiiiiiinnnnnnn buuuuuuuuaaaaaanggetttttt!!!)

HARI INI HARUS LEBIH BAIK!!!!!

SRI REJEKI....GO....GO....SRI REJEKI.....GOOOOOO....!!!!!!

(Rabu, 18 Maret 2009. Salwa Net, bilik inspirasi no.16...07:07)

SELASA INSPIRATIF !!!

Sembari menunggu pukul 22.00 WIB…abis belajar EKOFISWAN untuk kuis hari Rabu
Aku hanya ingin menanti butiran cinta yang kan mampu sejukkan hati ini..
Menyiratkan semangat dan menguak misteri diri yang masih terbelenggu oleh jiwa yang sepi…



Hari ini tidak akan kurelakan terlewat begitu saja atau bahkan bergulir sama dengan hari kemaren…hari ini adalah saatku untuk membuka cakrawala baru…sesuatu yang indah, sesuatu yang sarat makna akan kisah yang terangkai atas izin dan kehendak-Nya…

Kulangkahkan kaki ini dengan visi mantap dan penuh semangat‼! Selalu luruskan NIAT dan bersyukur atas semua NIKMAT‼!

Hari ini gak jadi kuliah Toksikologi Lingkungan, tapi diganti dengan mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Tim LPP UNS yaitu Kegiatan Pusat Bimbingan Konseling dan Pengembangan Karier. Yadah, ku n the gank berbondong-bondong ke lantai 4 Gedung B untuk mengikuti acara tersebut (alhamdulillah, akhirnya tercapai juga..^_^).

Acara dimulai dengan sambutan dari Bu Endang, Pak Narto, baru kemudian dari Tim LPP (Pak Wagimin, Pak Edi, Pak Supri, dkk…). Perwakilan dari Tim LPP menyampaikan bahwa goal setting dari LPP tersebut adalah menjadikan mahasiswa :
1. Lebih berhasil dalam bidang akademik, ex : konsultasi masalah kesulitan dalam belajar.
2. Lebih berhasil dalam karier
3. Lebih berhasil dalam sosial kemasyarakatan

Inspirasi yang ku dapat dari acara ini…AKU HARUS TERUS BELAJAR DAN BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI DAN SOFT SKILL PADA DIRIKU…‼! PERSIAPKAN DIRIMU UNTUK MENGHADAPI KEHIDUPAN PASCA KAMPUS….

Info selengkapnya mengenai LPP ini dapat diakses di www.lpp.uns.ac.id

Kuliah EVOLUSI di isi dengan diskusi tiap kelompok. Kelompokku gayeng dhewe…secara ya…he22x.. energik tapi tetep smart‼!semangat untuk kelompok kita‼! Plok…plok…plok…
Abiz kuliah EVOLUSI belajar dulu sambil nunggu Ashar. Then, abiz ku sholat Ashar di Gedung B ku lanjut Syuro’BPP. Gak mpe kelar, jam 16.00 lanjut Rapat PHT SECIENTA di Ruang KM. agenda kita : pembahasan ploting kepengurusan dan pembahasan arahan kerja tiap divisi. (4 menit lagi menjelang pukul 22.00…Aku menunggu lagu Mother-nya Seamo dari N5300 nya Mb’Thicko berbunyi…he22x…ngarep‼!). Pas nulis ini sambil nunggu hasil seleksi Lomba kost teladan JN UKMI UNS...

Aku masih belum ngira, kalo aku dipilih jadi SEKUM SCIENTA.. sampai detik ini pun aku masih merasa “gak nyaman”. Tapi kuharap ku bisa terus KHUZNUDZON THINKING atas semua peristiwa, atas semua amanah-amanah yang telah Allah swt titipkan padaku…Doakan aku ya, saudara-saudariku…Doakan Nungma bisa mengemban amanah ini dengan baik…Doakan Nungma bisa selalu berada dalam kondisi TERBAIK‼!
(Dah jam 22.00 nich…tapi kok gak bunyi-bunyi ya???Panitianya ketiduran kali…)

Jam di N5300 ku dah menunjukkan pukul 17.00. rapat SCIENTA berakhir..then aku menunggu jemputan Rini untuk mengikuti “SANDWICH WAR”- nya anak-anak SIM…di Telaga Kentingan. Mpe lokasi, Alhamdulillah yang datang lumayan banyak. Sampai sana pas acara mo bikin sandwich. Dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Aku bareng Aptika n Mb’ Rini. Ancur dech…tapi Alhamdulillah, sandwich kita dapat juara 3 (Horeee…..ngalahin kelompoknya Pak Bekti, Rudi, dkk…he22x). sandwich yang penuh filosofi itu akhirnya bersarang di perut kita masing-masing. Tak lupa, aktivitas rutin yang tidak boleh ketinggalan…mengabadikan moment. HRD foto-foto nich…Chiiipz‼! Narsis dikit lah…^_^
Happy Ending....

Adzan maghrib pun berkumandang…
Sang mentari tlah kembali ke peraduan..
Cahaya temaram masih setia temani langkah-langkah kecilku...

Tak ada argumentasi tuk melemahkan diri…
Karena hidup ini memang penuh onak dan duri
Tak ada lagi kesempatan untuk berargumentasi
Karena aliran darah ini tlah bermuara pada beningnya hati…

(hi22x...sok puitis...!!!)

SEMANGAT HARI INI !!!

17 Maret 2009

Perbedaan diciptakan untuk membuat diri kita masing-masing menjadi Special!!

Siraman embun pagi dengan penuh kasih sayang...
seakan memberikan kesejukan bagi jiwa-jiwa yang gersang.
wajah binar di ufuk timur seolah datang sebagai MOTIVATOR pagi ini...
Akankah kitajadi PAHLAWAN di hari ini???


"Saat ini adalah titik permulaan hari baru. hari ini diberikan kepadaku untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya menurut keinginanku. Apa yang kulakukan hari ini adalah sangat penting, oleh karena aku memulai suatu hari baru di dalam hidupku.

Bila hari esok tiba, hari ini akan lenyap untuk selama-lamanya, dan akan meninggalkan sesuatu sebagai hasil usahaku itu. Aku berjanji kepada diriku bahwa apa yang ditukarkan itu adalah untuk kebaikan, kemajuan, dan suksesku, agar aku tidak akan menyesali harga yang kubayarkan untuk hari ini.

Pikiran dan tingkah lakuku tenang dan segar. Aku menunjukkan keramahtamahan kepada orang lain. Aku tolerans terhadap orang lain; terhadap kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan mereka. Aku memandang sikap mereka dengan hati yang lapang.

Aku berlaku dan bertindak seakan-akan apa yang kujadikan sasaranku pasti akan Kucapai. Aku memang individu sesuai dengan idamanku, dan gambaran individualitas terpantul dalam setiap perbuatanku.

Aku tidak akan mengijinkan pertimbangan ataupun sikapku dipengaruhi hal-hal yang negatif atau pesimistis. Aku berusaha tersenyum sesering mungkin, sekurang-kurangnya beberapa kali dalam sehari.

Aku memberikan reaksi dengan cara yang tenang dan bijaksana dalam keadaan apapun. Kalaupun aku tidak dapat menguasai suatu keadaan, aku selalu akan berusaha memberikan reaksi dengan cara positif terhadap fakta-fakta negatif sekalipun. "

(terima kasih untuk seseorang, atas inspirasinya...)

Sebuah Awalan untuk Mewujudkan MIMPI ke-13!!!

Inspirasi yang ku dapat saat mengikuti workshop pada hari Sabtu, 14 Maret 2009 di sebuah Gedung yang cukup unik menurutku, tepatnya di IBNU SINA, Ruang Teatrikal Fakultas Sains dan teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

(cerita selengkapnya nyusul...)

NUNGMA HARUS BISA S2 DI LUAR NEGERI!!!

KISAH BAHAGIA DI HARI MINGGU...

(Untuk Koes Plus, judul lagunya ku ganti...he22x...maaf!!)

15 Maret 2009

“Kan ku bingkai hari ini dengan ukiran-ukiran kisah yang penuh manfaat, memperkaya pengalaman dan menambah khazanah ilmu….”

Kuawali hari ini dengan senyum dan ucapan syukur yang tiada terkira. Alhamdulillah, hari ini cerah sekali. Senyum sang mentari menyiratkan semangat yang menghangatkan jiwa-jiwa ini untuk bisa melalui hari ini dengan menghasilkan suatu karya terbaik!!!!

Berangkat dari kost jam 06.45. tujuan ku pertama : warung makan. Laper nich… Mo beli sarapan ma mb’txo. Mo nyabu tapi gak jualan ternyata. Yadah, beli sarapannya di Ita-Itu. Jam 7.30 ku langkahkan kaki ini ke fakultas tercinta. Seperti biasa, sepanjang perjalanan ku merenung (tapi bukan ngalamun lho…). Selalu begitu…
Cari inspirasi!!!
Betapa nikmatnya bisa berjalan di atas kaki sendiri. Membuat jejak-jejak baru dalam hidupku… dan inilah yang membuatku selalu bersyukur karenanya…

Sampai di MIPA sudah ada Kiki, Tikno, Rhosid, Retno, dan Shoffi, disusul kemudian Pak Edwi, Pak Narto, dan Sari. Yupz, agendaku hari ini membantu dan jadi supporter sahabat-sahabatku yang kemaren PKM-nya lolos DIKTI. Lokasi yang akan kita tuju adalah TPA Putri Cempo Mojosongo. Jam 8 aku, Retno, Shoffi, bersama Pak Narto pake mobil beliau ngambil konsumsi di Roti Kecil. Setelah angkut-angkut snack yang berjumlah 100 itu kelar, mobil Avanza itu meluncur ke Mojosongo, tepatnya di kantor TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Putri Cempo Mojosongo. Sampai di lokasi, kita langsung setting tempat, beres-beres, nata-nata konsumsi, dll. Pokoke mendadak sibuk dech…

Selang beberapa saat kemudian, para warga berdatangan… aku dan Sari menjabat jadi Sie. Konsumsi, Kiki tukang foto-foto. He22x…
Acara diawali dengan sambutan, dst…sampai presentasi dan pemberian penyuluhan oleh Rhosid dan tim PKMM-nya. Banyak kejadian seru yang kualami (esp. ma Sari. Secara kita masih jadi 1 team dalam genk dunk-dunk…hwekekek..)

Ada cerita saat kita pinjem nampan ke salah satu rumah penduduk…
Ada cerita saat kita dihadang sapi-sapi yang berkeliaran di sekitar lokasi TPA…
Ada cerita saat sandal sari harus rela lepas dari tempat asalnya…he22x…dasar!!!
Pokoke ada aja pengalaman lucu pluz marai ngekek yang kita berdua alami…(aib…aib….)

Acara kelar jam 12. tyuz operasi semut….beres-beres, n tak lupa mengabadikan moment penting hari itu. Foto-foto maksudnya. Hidup tanpa dokumentasi bagaikan sayur tanpa garam…(halah, XL…^_^). Tak lupa ku juga menyempatkan foto bersama dosen favoritku, Pak Narto. Siip Pak…mohon doa dan dukungan terus ya Pak!!!Semangat Pak!!

Alhamdulillah, agenda penyuluhan hari ini happy ending. Insya Alloh, lanjut lagi minggu depan (tanggal 22) dengan agenda praktek bikin reactor Biogas. Tapi snacknya sisa lumayan banyak nich…(gampanglah, selama masih ada norma…he22x…). aku balik ke MIPA bareng Sari. Sampai MIPA, kita sholat, bagi-bagi snack, tyuz ke PAMERAN IPTEK dech..tapi kita nunggu Tikno n Ocid dulu yang baru ngambil kunci lab ke rumahnya Bu Widya. Pak Narto dah berangkat ke Auditorium dulu.. Sampai audit, di stand dah ada Ulfa dan Dinah. Yadah, kita langsung ikutan nimbrung. Hari ni dah hari terakhir pameran. Jadi dah lumayan sepi..jam 2 beres-beres, angkut-angkut pake mobil Pak Narto. Kelar angkut-angkut, aku, Dinah, ulfa n sari makan siang di kanopi. ATL..hmmmm, nyummy…Gayeng tenan…seneng banget klo bisa kumpul-kumpul ky gini…

Agenda ku selanjutnya, syuro’ di Masjid Perjuangan…Ayo, Nung TETEP SEMANGAT!!!!

“Kulepas penat hari ini dengan ungkapan rasa syukur pada_mu Ya Rabb…
Terima kasih atas scenario yang telah terjalin nyata, begitu indah..."

MANDIRI DAN BERPRESTASI !!!

16 Maret 2009

KU GALI INSPIRASIKU...
KU PERTAJAM ANALISAKU...
KU KUATKAN AZZAMKU...
KU RANGKAI MIMPI-MIMPIKU...
KU PERLUAS PENALARANKU...
KU PERKAYA KHAZANAH ILMUKU...
KU GAPAI CITA, CINTA, DAN ASAKU...

JUMAT CERIA...

13 Maret 2009

"Raga ini begitu lelah..tapi ku ingin semangat ini tak kan pernah mengenal kata lelah...aku hanya ingin terus tersenyum dan bersemangat menghadapi semuanya!!!"
(EXPO PAMERAN IPTEK, ROTI KECIL, DS, dll... jejak ku yang ku ukir di hari ini...)

Jika dakwah ibarat POHON ada saja DAUN-DAUN yang berjatuhan...
Tapi pohon dakwah itu tak pernah kehabisan cara untuk menumbuhkan tunas-tunas barunya
Sementara daun-daun yang berguguran tak lebih akan menjadi SAMPAH dalam sejarah..

Jangan menyerah karena lelah/lemah.
Biarlah lemah mengajarimu sampai lelah!!
Tetap ISTIQOMAH!!
Semoga beratnya amanah menjadi satu titianmenuju surga Ilahi...
amin....

Hidup itu sangat indah, nungma...
JIKA SEMUANYA KARENA ALLOH...
sekali lagi...
JIKA SEMUANYA KARENA ALLOH!!!

SEMANGAT NUNG!!!


aku masih ingin DS lebih banyak lagi dan lagi....Ya Rabb, berilah selalu hamba kekuatan untuk menjalani kehidupan di dunia yang fana ini...

EVERYDAY is PE-DE DAY!!!

Tidak ada sesuatu yang lebih LUAR BIASA yang pernah dicapai kecuali oleh mereka yang berani untuk percaya bahwa sesuatu DI DALAM DIRI mereka lebih hebat dari lingkungannya‼

Ngomong-ngomong soal percaya diri, hari kamis kemarin (120309) Biologi angkatan 2006, dengan komunitas yang kita namakan Keluarga Mahasiswa Muslim Biologi (KM2B), kalo di-filosofis-kan : Keep ur Motivation To be Better‼!, mengadakan kajian angkatan dengan mengambil tema “EVERYDAY IS Pe-De DAY”, yang menghadirkan pembicara Akh. Anto Wicaksono (Mat’05).

Sebelum acara dimulai, beberapa orang panitia kecil sibuk mempersiapkan acara mulai dari tempat, perkap, konsumsi, dll. Sampai ngajakin temen-temen via miscol or esemes biar bisa datang semua…(Ayo, semangat saudara-saudaraku untuk terus mencari ilmu…Insya Alloh, dapat pahala lho‼!)
Acara dimulai pukul 09.45 dan dibuka oleh Rhosid dan dilanjutkan dengan tilawah… (^_^). Kemudian lanjut acara inti. Bahasan kita kali ini tentang percaya diri…

Punya rasa “kurang pede???” jawabannya ternyata cukup simple...mungkin karena kamu KURANG BERSYUKUR!!! So, bagaimana cara untuk meng-up grade rasa PD kita??? Akh. Anto punya 2 kunci, yaitu :
1. Rasa Syukur. Kita harus senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah Alloh berikan dalam hidup kita...baik itu senang ataupun susah, semua harus kita syukuri. Karena klo kita yakin, pasti akan ada banyak hikmah yang dapat kita mabil dari setiap kejadian dan peristiwa yang singgah dalam hidup kita... dan kita harus percaya bahwasanya kita telah diciptakan oleh Alloh dengan sebaik-baik penciptaan (teman-teman bisa buka di Q.S. At Tiin : 4). So, gak ada alesan lagi untuk tidak bersyukur!!!
2. Positif thinking. Kita harus percaya bahwa kita pasti punya sisi lain yang unik yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. So, kita harus senantiasa menggali potensi diri kita untuk bisa terus percaya diri untuk bisa terus berprestasi!!!Sepakat???sepakat donk!!!

Dalam kajian kemaren, Akh. Anto juga memberikan 5 tips untuk menumbuhkan rasa PERCAYA DIRI :
1. Mengenali diri kita sendiri...(Who am I???), baik sisi positif (kelebihan kita) dan sisi negatif (kekurangan) kita, dengan harapan kita dapat terus meningkatkan kompetensi diri kita dalam rangka meminimalisir kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri kita...
2. Kita harus memperhatikan KOMUNITAS kita, ex : teman bergaul, lingkungan kita dll. Kita harus pandai-pandai memilih dan memilah lingkungan dan teman bergaul kita agar dapat mensupport potensi diri kita.
3. Jangan men-judge diri kita selalu “SALAH”. Karena kita manusia yang lemah, tempat salah dan khilaf, sudah sewajarnya dan manusiawi jika terkadang kita berbuat suatu kesalahan. Tapi harapannya kita dapat belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan tersebut, dan berusaha untuk memperbaikinya serta tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.
4. Mengingat kembali kapan kita percaya diri
5. Jangan takut mengambil RESIKO!!!. Jangan takut untuk MENCOBA!!! karena jika kita tidak mau mencoba, kita tidak akan pernah MERASAKAN...!! So, never stop to try...!!!

Nah, itu tadi tips-tips biar kita bisa merealisasikan jargon “EVERYDAY is PE-DE DAY” dalam keseharian kita...Syukron jiddan buat akh. Anto atas taujih dan transferan ilmunya...

Buat saudara-saudaraku Keluarga Mahasiswa Muslim Biologi (KM2B)yang semoga senantiasa dirahmati oleh Alloh swt, tetep semangat ya!!! Tetep semangat untuk menghadiri kajian angkatan kita...Insya Alloh, bermanfaat dan semoga dapat memperberat timbangan amal kebaikan kita...amiiin...

S.E.M.A.N.G.A.T.

11 Maret 2009

Ketika tubuh ini tak bersahabat, yang kuikuti adalh SEMANGAT ku !!
Tubuhku memang butuh istirahat, tapi SEMANGATKU akan terus menyala, sampai hari bertemu Rabb-ku… Dia-lah SEMANGATKU YANG ABADI…!!!

PERBEDAAN BUMN, KOPERASI, DAN UKM
No. Perbedaan Koperasi UKM BUMN
1. Orientasi Organisasi Badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
Badan usaha yang sebagian atau seluruh kepemilikannya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia. BUMN dapat pula berupa perusahaan nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat.
BUMN paling tidak diharapkan (1) dapat meningkatkan penyelenggaraan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan jasa dalam jumlah dan mutu yang memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak; (2) memberikan sumbangan kepada penerimaan negara; dan (3) meningkatkan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional.
2. Komitmen Organisasi Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut:
Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya;
Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya
Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
Pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) diarahkan agar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penciptaan kesempatan kerja, peningkatan ekspor dan peningkatan daya saing, sementara itu pengembangan usaha skala mikro diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan pendapatan masyarakat berpendapatan rendah, khususnya di sektor pertanian dan perdesaan. Memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional dan penerimaan kas negara
Mengejar dan mencari keuntungan
Pemenuhan hajat hidup orang banyak
Perintis kegiatan-kegiatan usaha
Memberikan bantuan dan perlindungan pada usaha kecil dan lemah

3. Komitmen SDM Pada Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 27 (Revisi 1998), disebutkan bahwa karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain, yaitu anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil koperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU) biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi, misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh si anggota.
UKM merupakan sektor yang diperani oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Seperti diketahui, berdasarkan data yang dihimpun oleh Biro Pusat Statistik (BPS), kini terdapat 40-an juta usaha kecil yang merupakan 99,85% dari keseluruhan jumlah pengusaha nasional; 0,14% usaha menengah dan 0,01 % usaha besar yang bertebaran di seluruh penjuru tanah air. Apabila ditilik dari segi permodalan dan naluri berusaha, UKM memang relatif lemah. Akan tetapi, jika ditinjau dari segi milintasi atau keuletan dalam mempertahankan kelangsungan hidup berusaha dan tingginya semangat kemandirian, mereka memiliki nilai lebih. Apalagi sektor usaha kecil yang tahan banting ini terbukti memiliki kontribusi yang begitu besar terhadap penyerapan tenaga kerja, yakni meliputi 88% dari seluruh tenaga kerja di Indonesia yang nota bene juga berarti mengurangi jumlah pengangguran yang semakin hari semakin memperlihatkan grafik yang meninggihttp://www.blogger.com/post-create.g?blogID=264055100185898466 - _ftn1.
Usaha pemberdayaan dan pengembangan UKM dalam rangka penanggulangan kemiskinan ini tidak dapat dilakukan secara individual namun harus melibatkan berbagai stakeholder yang ada seperti pemerintah, dunia usaha, LSM, akademisi, lembaga-lembaga donor dan lain-lain.
BUMN kita memiliki banyak kelemahan seperti diantaranya adalah : tidak memiliki SDM dengan kompetensi yang memadai, tidak memiliki size atau besaran SDM yang tepat, tidak memiliki sistem prosedur dan monitoring kinerja yang tepat, tidak memiliki budaya kerja yang tepat, dan tidak memiliki leadership yang tepat. Hal itu semua tidak terlepas dari kesadaran pemerintah sebagai shareholder yang meski berganti Presiden dan Menteri belum mampu untuk mengelola dan bertindak professional untuk membenahi masalah BUMN. Sejauh apapun usaha yang dilakukan dengan deregulasi, penataan prosedur, privatisasi atau sistem IT development yang canggih tidak ada pihak yang akan mampu membenahi BUMN Indonesia jika tidak memulai dari pembenahan aspek SDM-nya.
Setidaknya ada tiga komponen utama yang diperlukan untuk menunjang suksesnya suatu perusahaan yaitu SDM-nya harus memiliki mindset (pola pikir serta mental) yang sesuai, memiliki skill dan kompetensi yang sesuai, serta memiliki perilaku atau behaviour yang sesuai. Manajemen SDM yang ada pada BUMN-BUMN kita dan juga pemerintahan kita adalah gaya manajemen warisan penjajahan. Belanda yang secara mudah kita lihat dari refleksi pola organisasi, pola sistem manajemen SDM, dan pola pengambilan keputusan yang bercermin kepada manajemen SDM gaya ”personalia” yang berfokus kepada pengaturan perilaku. Sedangkan yang dihadapi oleh Indonesia sekarang adalah masalah persaingan global, masalah perubahan-perubahan baik dari sisi IT maupun world best practices yang membutuhkan adapatasi-adaptasi dan antisipasi yang luar biasa cepat.
Seberapa BUMN sudah mencoba merubah aplikasi manajemen SDM-nya mempergunakan pendekatan-pendekatan baru dengan mencoba mensinergikan dengan aktivitas perbaikan proses kerja dan meningkatan kualitas layanan, akan tetapi penerapan manajemen SDM tersebut kebanyakan bersifat sangat partial dan lebih bersifat aktivitas dan seringkali tidak melihat dari berbagai sudut manajemen SDM yang menyeluruh.
4. Struktur Manajemen Rapat Anggota
Rapat anggota adalah wadah aspirasi anggota dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, maka segala kebijakan yang berlaku dalam koperasi harus melewati persetujuan rapat anggota terlebih dahulu., termasuk pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian personalia pengurus dan pengawas.
Pengurus
Pengurus adalah badan yang dibentuk oleh rapat anggota dan disertai dan diserahi mandat untuk melaksanakan kepemimpinan koperasi, baik dibidang organisasi maupun usaha. Anggota pengurus dipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam rapat anggota. Dalam menjalankan tugasnya, pengurus bertanggung jawab terhadap rapat anggota. Atas persetujuan rapat anggota pengurus dapat mengangkat manajer untuk mengelola koperasi. Namun pengurus tetap bertanggung jawab pada rapat anggota.
Pengawas
Pengawas adalah suatu badan yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan terhadap kinerja pengurus. Anggota pengawas dipilih oleh anggota koperasi di rapat anggota. Dalam pelaksanaannya, pengawas berhak mendapatkan setiap laporan pengurus, tetapi merahasiakannya kepada pihak ketiga. Pengawas bertanggung jawab kepada rapat anggota
Manajemen UKM dikelola oleh masyarakat desa dan didukung oleh perangkat desa setempat dengan system pengelolaan sesuai peraturan yang berlaku mengenai pendirian dan pengelolan UKM Struktur manajemen BUMN dikelola oleh :
• Kementerian Negara BUMN
• Sekretariat Kementerian BUMN
• Deputi Bidang Usaha Perbankan dan Jasa Keuangan
• Deputi Bidang Usaha Jasa Lainnya
• Deputi Bidang Usaha Logistik dan Pariwisata
• Deputi Bidang Usaha Agro Industri,Pertanian,Kehutanan,Kertas,Percetakan,dan Penerbitan
• Deputi Bidang Usaha Pertambangan,Industri Strategis,Energi,dan Telekomunikasi
• Deputi Bidang Restrukturisasi dan Privatisasi


Lomba Karya Tulis Pemuda 2009
LOMBA KARYA TULIS PEMUDA TINGKAT NASIONAL dan PENGHARGAAN UNTUK PENULIS ARTIKEL KEPEMUDAAN
Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga RI bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena menyelenggarakan Lomba Karya Tulis dan Penghargaan untuk Penulis Artikel Kepemudaan.
Persyaratan Lomba Karya Tulis:
1. Naskah berbentuk “esai” dengan tema “Kepemimpinan Pemuda”.
Peserta dapat memilih salah satu dari sub-sub tema berikut):
a. Pemuda di Kursi Kepresidenan Indonesia
b. Pemimpin Muda Idaman.
c. Menjadi Pemimpin di Era Krisis Global.
d. Mencari Wadah Pencetak Pemimpin Bangsa.
e. Menjadi Pemimpin Lokal Berpikiran Global.
f. Jika Perempuan Menjadi Pemimpin Indonesia.
g. Budaya Baca Calon Pemimpin Bangsa.
2. Lomba dibagi dalam 3 kategori: pelajar, mahasiswa, dan umum.
3. Lomba terbuka untuk semua WNI berusia 15-35 tahun.
4. Esai tidak bertentangan dengan SARA dan tidak mengandung unsur
pornografi.
5. Naskah merupakan karya asli, bukan terjemahan, atau saduran.
6. Naskah belum pernah dipublikasikan di media massa cetak/elektronik
dan tidak sedang diikutkan dalam lomba sejenis.
7. Naskah ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik, diketik di kertas
A4, font Times New Roman, 6-12 halaman, spasi ganda.
8. Mencantumkan kategori di sudut kiri amplop pengiriman naskah.
9. Nama penulis harus diletakkan pada halaman terpisah dengan lembar
naskah
10. Naskah dikirim rangkap 3 (tiga).
Persyaratan Penghargaan Penulis:
1. Artikel telah dimuat di media massa cetak antara bulan Oktober 2008 – April 2009 yang bertema Kepemudaan.
2. Melampirkan artikel (atau fotokopinya) yang telah dimuat sebanyak tiga rangkap.
3. Lomba terbuka untuk umum (tanpa batasan usia)
4. Artikel tidak bertentangan dengan SARA dan tidak mengandung unsur pornografi.
5. Mencantumkan “Penghargaan Penulis” di sudut kiri amplop.
Persyaratan Teknis :
1. Pengiriman naskah disertai dengan fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor dan biodata singkat: nama, alamat lengkap, nomor telepon/handphone, e-mail). Untuk pengiriman email, identitas diri dapat discan (dengan resolusi secukupnya).
2. Pengiriman naskah lomba esai atau penghargaan penulis dikirim ke:
Panitia Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional dan Penghargaan Penulis
Jl. Rasamala Raya No 20 Depok Timur 16418
Naskah lomba juga dapat dikirim melalui email: lomba.menpora@gmail.com
(identitas diri dapat discan).
3. Naskah ditunggu selambat-lambatnya tanggal 5 Mei 2009
HADIAH setiap kategori dan Penghargaan Penulis:
Juara I: Rp2.500.000,-
Juara II: Rp2.000.000,-
Juara III: Rp1.500.000,
3 pemenang hiburan @ Rp500.000,-
* Pengumuman pemenang dapat dilihat di http://www.forumlingkarpena.net
dan http://forumlingkarpena.multiply.com pada 1 Juni 2009.
Acara ini diselenggarakan oleh :
Deputi Pengembangan Kepemimpinan Pemuda Kementerian Pemuda dan
Olahraga bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena
Didukung oleh: ANNIDA & Lingkar Pena Publishing House
Keterangan lebih lanjut hubungi
Maryati (021) 573 8158, HP: 085813144822
Koko 0813 67675459
Denny 0899 9910037
Tags: lomba, lomba pemuda, lomba tulis
LKTM & Workshop Menulis se-Indonesia 2009
• About|
• Archives|
• RSS Feed
Persyaratan
In Uncategorized on February 17, 2009 at 3:51 pm
1. Peserta hanya dapat mengirimkan satu judul karya tulis yang belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis.
2. Karya tulis boleh ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia, diketik 1,5 spasi, Times New Roman ukuran 12, margin dengan ketentuan: kanan dan atas 3 cm, kiri dan bawah 4 cm, minimal 1500 kata (tidak termasuk cover, daftar isi, kata pengantar, dan daftar pustaka) dalam kertas A4.
3. Curriculum Vitae (CV) penulis, fotokopi tanda pengenal diri, dan surat pernyataan yang ditandatangani bahwa karya tulis asli dan belum pernah dipublikasikan
4. Karya tulis dalam bentuk word yang jelas dan mudah dibaca dikirim dalam bentuk cetak rangkap 2 (dua) dan disertai soft file berupa CD atau melalui email ke lktm2009@yahoo.com
5. Karya tulis dikirim kepada panitia selambat-lambatnya tanggal 13 Maret 2009 (cap pos).
6. Naskah lomba dikirimkan dalam sampul tertutup, pada sudut kiri atas dicantumkan kode “LKTM SENTRIS 2009“, dan dialamatkan kepada Gedung Administrasi FISIP UNPAR Jl. Ciumbuleuit No. 94 (Gedung 3) Bandung 40141
http://lktmworkshop2009.wordpress.com/2009/02/17/persyaratan/ - more-12
Read More and Comment »
Kenapa “Menulis”?
In Uncategorized on February 11, 2009 at 5:46 pm
Kita adalah bagian dari lingkungan yang selalu bergerak dan situasi yang terus berubah-ubah,
Kita adalah bagian dari urutan zaman dan era yang terus berganti,
Kita adalah bagian dari roda revolusi yang bergerak maju dan mundur.
Kita punya pilihan: mengamati atau terlibat di dalamnya.
Menulis berarti berbicara, menyatakan pendapat kita, mempraktekkan kompetensi, mengoreksi kelalaian, menunjukkan kepedulian, membuktikan dunia bisa jadi lebih baik!
Menulis adalah suatu pilihan. Perang atau diplomasi juga merupakan pilihan. Memilih yang salah, menuai kekecewaan.
Mari menulis bukan hanya untuk rangkaian kata-kata, tapi menulislah untuk pembaharuan yang membangun. Menguraikan kata-kata yang dapat mengubah dan mengarahkan pandangan pada masa depan yang optimis. Menulis bukanlah paparan emosi atau preseden tanpa latar belakang yang tepat. Menulis tidak sama dengan ngecap. Menulis lahir dari suatu konsep dan argumen dari sebuah persepsi yang unik dan berani. Menulis akan mengasah cara berpikir dan melatih manajemen tindakan atau keputusan. Mungkin menulis tampak sebagai sebuah tindakan yang utopis atau membuang-buang waktu. Tindakan nyata tentu akan membuat ‘menulis’ menjadi lebih berarti, tetapi tindakan nyata bukan tidak membutuhkan alur pemikiran yang akurat.
Uraian pena dapat lebih tajam dari pedang. Tidak semua orang harus menunggu kesempatan berdiri di balik podium, berbicara di depan orang banyak, untuk mengubah dunia.
Asahlah penamu, bergabunglah dengan penulis muda dari seluruh Indonesia. Semua orang mampu menulis. Tetapi tidak semua orang peduli untuk menulis. Setiap orang punya persepsi yang unik. Menulis adalah wadah yang mendamaikan berbagai persepsi. Tulisan menentukan sejauh mana budaya, karya , dan pemikiran sebuah bangsa. Marilah menjadi bagian dari “generasi menulis”, generasi Indonesia yang melangkah bersama untuk kemajuan bangsa!
Comment »
-Introduction-
In Uncategorized on February 11, 2009 at 3:43 pm
Kelompok Studi Mahasiswa Pengkaji Masalah Internasional (KSMPMI) di bawah Himpunan Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan Bandung
Menyelenggarakan:
“Lomba Karya Tulis Mahasiswa dan Workshop Menulis se-Indonesia 2009”
Lomba yang diadakan untuk kedua kalinya ini, pada tahun ini mengangkat tema : Connecting to the World: Writing Down the Globalized World in Your Perspective
Dengan sub-tema:
1. Utopia or Reality : ASEAN Integration to Answer Globalization Defiance
2. Questioning the Existence of State Sovereignty in the Globalization Era
3. The Role of Law to Achieve Perpetual Peace in the Globalized World
4. The Future of Economic World in the Era of Globalization
5. The Influence of Globalization Era to The Sphere of Democracy
6. State’s Military Security to Achieve Balance of Power in the era of Globalization
Hadiah Juara I: Rp.2.500.000,-
Hadiah Juara II: Rp. 1.500.000,-
Hadiah Juara III: Rp. 1.000.000,-
3 Karya Tulis Pilihan @ Rp.250.000,-
Segera kirimkan karya tulis anda dalam bentuk cetak rangkap 2 (dua) ke alamat:
Gedung Administrasi FISIP UNPAR Jl Ciumbuleuit no.94 (Gedung 3) Bandung-4014
1 dan soft file berupa CD atau melalui email ke lktm2009@yahoo.com
Karya tulis dapat dikirim kepada panitia selambat-lambatnya tanggal 13 Maret 2009 (cap pos)
Akan dipilih 6 karya tulis terbaik yang selanjutnya akan diundang ke Universitas Katolik Parahyangan Bandung pada tanggal 2 April 2009 untuk melakukan presentasi di hadapan 3 juri berkompetensi.
Pengumuman finalis dapat dilihat pada tanggal 23 Maret 2009 di lktmworkshop2009.wordpress.com
________________________________________________________________________________________
Kegiatan ini akan diikuti dengan WORKSHOP MENULIS ,
selama 2 hari (3-4 April 2009) dan terbuka untuk UMUM dari seluruh Indonesia (tempat terbatas), dengan biaya Rp. 50.000 (incl. workshop yang menarik dan kompeten, lunch, snack, sertifikat, goodie bag, T-Shirt*)
Pendaftaran dibuka selama tanggal 12 Februari-27 Maret 2009. Pendaftaran dapat dilakukan melalui sms/email.
Kami menyediakan e-voucher (tiket resmi yang dikirim melalui email setelah ada bukti pembayaran). Untuk kemudahan transaksi, pembayaran dapat melalui transfer antar bank yang kemudian bukti pembayaran dapat dikirim via email (di-scan terlebih dahulu) dan melakukan pemberitahuan lewat sms kepada contact person. Untuk peserta dari luar Bandung, panitia bersedia mengatur booking penginapan serta penjemputan dari bandara/stasiun/travel dengan pemberitahuan terlebih dahulu.
Keterangan lebih lanjut lihat poster dan flyer di beberapa universitas di Indonesia, website resmi kegiatan ini: lktmworkshop2009.wordpress.com, atau hubungi contact person:
Gladys (081802263350)/ Say Shio (081385704435)
_______________________________________________________________________________________
Jadilah bagian dari ajang menulis nasional dan workshop paling bergengsi di tahun 2009!
[multi-lomba] The Ary Suta Award 2009 [Dewasa + Anak]
16.01.2009 | Author: mamabazaar | Posted in lomba/sayembara

KOMPETISI THE ARY SUTA CENTER AWARD 2009 diselenggarakan untuk membangun kompetensi, penciptaan nilai, dan daya saing melalui pengembangan intelektual, seni dan budaya demi membentuk tingkat kecerdasan sejak dini, serta daya ekspresi berbentuk karya foto.
KATEGORI PESERTA
• Kompetisi Makalah dan Lomba Foto terbuka untuk umum.
• Lomba Melukis untuk Anak-anak terbuka bagi: Kelompok A (usia 3 tahun - 5 tahun); Kelompok B (usia 6 tahun - 8 tahun); Kelompok C (usia 9 tahun - 11 tahun); dan Kelompok D (usia 12 tahun - 14 tahun).
TOPIK MAKALAH [PILIH SALAH SATU]
* Pedoman Moral dan Pembentukan Karakter dalam Kepemimpinan
* Krisis Keuangan Global dan Dampaknya bagi Indonesia: Pengelolaan Strategi dan Kebijakan
* Executive Intelligence dan Budaya Perusahaan
* Klik disini untuk melihat brosur Kompetisi Jurnal
TEMA LUKISAN [PILIH SESUAI KELOMPOK]
* Kelompok A: Kebebasanku
* Kelompok B: Mainanku
* Kelompok C: Indonesiaku
* Kelompok D: Impianku
* Klik disiniuntuk melihat brosur Kompetisi/Lomba Lukisan
TEMA FOTO [PILIH SALAH SATU]
* Kemiskinan dan Kemakmuran
* Indonesia Hijau dan Perubahan Iklim
* Politik dan Kepemimpinan
* Klik disini untuk melihat brosur Kompetisi/Lomba Lukisan
PENGHARGAAN UNTUK KOMPETISI MAKALAH
Uang tunai:
* Juara Pertama: Rp 15 juta;
* Juara Kedua: Rp 10 juta;
* Juara Ketiga: Rp 5 juta
Non-finansial:
* Sertifikat dari The Ary Suta Center bagi para juara
* Publikasi makalah di media yang diterbitkan oleh The Ary Suta Center.
* Publikasi makalah di Web-Site The Ary Suta Center
* Publikasi makalah di Web-Site KOMPASTV (www.kompas-tv.com)
PENGHARGAAN UNTUK LOMBA MELUKIS UNTUK ANAK-ANAK
Uang tunai:
* Juara Pertama: Rp 5 juta;
* Juara Kedua: Rp 3 juta;
* Juara Ketiga: Rp 1 juta
Non-finansial:
* Sertifikat dari The Ary Suta Center bagi para juara
* Lukisan mereka akan disertakan dalam Pameran Seni ASC 2009.
* Lukisan akan ditayangkan di Web-Site The Ary Suta Center
* Lukisan akan ditayangkan di Web-Site KOMPASTV (www.kompas-tv.com)
PENGHARGAAN UNTUK LOMBA FOTO
Uang tunai:
* Juara Pertama: Rp 10 juta;
* Juara Kedua: Rp 5 juta;
* Juara Ketiga: Rp 3 juta
Non-finansial:
* Sertifikat dari The Ary Suta Center bagi para juara
* Foto akan disertakan dalam Pameran Seni ASC 2009.
* Foto akan ditayangkan di Web-Site The Ary Suta Center
* Foto akan ditayangkan di Web-Site KOMPASTV (www.kompas-tv.com)
INFORMASI
Dapat menghubungi Koordinator Kompetisi ASC, Mira Wulandari di:
THE ARY SUTA CENTER
Jl. Prapanca III No. 11, Jakarta 12160, Indonesia
Tel. : (62-21) 739 3224
Fax: (62-21) 727 953 74
e-mail: arysuta@arysutacenter.com
Official Web:
http://www.asc.kompas-tv.com
ShareThis
1. [multi-lomba] Inovasi Teknologi Lingkungan 2009 [mhsw/sw/umum]
Merupakan rangkaian acara dan lomba yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS Surabaya. Lomba yang diadakan antara lain : 1. Lomba Karya Tulis Tema lomba karya...
2. [multi-lomba] Radar Bali Literary Award 2009
Radar Bali (Jawa Pos Group) bekerja sama dengan Komunitas Sahaja menggelar apresiasi kebahasaaan dan kesusastraan bertaraf nasional dan provinsi Bali bertajuk Radar Bali Literary Award 2009,...
3. [multi-lomba] 04-24feb :: Lomba Cerita Anak + Lomba Film Dokumenter LIMAS UI
Saat ini hiburan untuk anak banyak yang bersifat tidak mendidik, seperti maraknya video games yang berdampak tidak baik bagi perkembangan psikologis anak. Hiburan yang bersifat mendidik...
4. [lomba] Mewarnai Berseri Untuk Anak-anak Setiap Hari Minggu
Allooo semua, akan diadakan Lomba Mewarnai Berseri — kenapa berseri? Karena setiap minggunya akan ditampilkan satu macam gambar yang secara keseluruhannya merupakan satu kesatuan rangkain cerita....
5. [lomba] Mengarang “Ciliwung Impianku” - KOMPAS [tutup15feb]
Seiring dilakukannya Ekspedisi Kompas Ciliwung 2009, 16-22 Januari 2009, Kompas juga mengundang masyarakat turut berpartisipasi. Meski tidak turut terjun menyusuri sungai, warga Jabodetabek, khususnya mereka yang...
6. [lomba] Penghargaan AJI-UNICEF untuk Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak
Tahun 2008, AJI-UNICEF kembali menyelenggarakan ‘Penghargaan AJI-UNICEF untuk Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak’. Penghargaan ini pertama kali diberikan pada 2006, ketika itu hanya untuk kategori jurnalis...
7. Lomba Cipta Nyanyian Anak Bangsa 2008
Deadline: 21 November 2008 Dalam rangka peningkatan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan masyarakat khususnya generasi muda anak bangsa, Departemen Dalam Negeri melalui Ditjen...
8. [lomba] Mercedes-Benz Fascination Week Photography Contest 2009 [23jan cappos]
Kategori peserta: Masyarakat Umum (Non Profesional) Tema: Fascination Human Interest Landscape Beauty & Fashion Kriteria Umum Penilaian: Kesesuaian dengan tema, visualisasi & unsur teknis Kriteria...
Comments are closed
Additional Articles From "lomba/sayembara"
[multi-lomba] Inovasi Teknologi Lingkungan 2009 [mhsw/sw/umum]
22.01.2009 | Author: mamabazaar | Posted in lomba/sayembara
Merupakan rangkaian acara dan lomba yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS Surabaya. Lomba yang diadakan antara lain :
1. Lomba Karya Tulis
Tema lomba karya tulis adalah “Inovasi Sumber Energi Alternatif yang Tepat Guna dan Ramah Lingkungan.”
Terdiri atas dua kategori, yaitu:
a. Kategori Pelajar
• Bidang Karya Tulis
Karya tulis yang dilombakan adalah karya tulis bidang teknologi lingkungan dasar yang tepat guna bagi masyarakat.
b. Kategori Mahasiswa
• Bidang Teknologi Lingkungan
Dalam bidang ini yang dilombakan adalah pembuatan karya berupa hardware, software, atau integrasi keduanya dalam bidang lingkungan yang mendukung pemanfaatan teknologi dalam hal lingkungan.
• Bidang Pameran
Dalam bidang ini yang dilombakan adalah pembuatan karya berupa poster dalam bidang teknologi lingkungan yang mendukung kemudahan pemberian informasi tentang cara kerja alat, serta membuat stan menjadi menarik.
2. Lomba Fotografi
Dalam kegiatan di bidang fotografi ini, yang dilombakan adalah karya fotografi yang dapat memberikan gambaran nyata tentang kepedulian manusia terhadap lingkungan yang sudah tercemar. Tema lomba fotografi “Akankah Bumi Tersenyum Lagi?”.
3. Lomba Keterampilan dan Kreatifitas
Kegiatan ini melombakan cara paling atraktif dalam pemanfaatan kembali sampah menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna. Tema lomba ini adalah “Sampahmu, Seniku”.
4. Festival Band Bertemakan Lingkungan
Kegiatan ini melombakan kreatifitas mahasiswa dan pelajar untuk menciptakan lagu atau aransemen yang bertemakan lingkungan.
Hadiah2 yang disediakan antara lain :
Karya Tulis :
Kategori Perguruan Tinggi
Juara I : Rp 3 juta
II : Rp 2 juta
III : Rp 1 juta
Stan terbaik : 250 ribu
Kategori SMA
Juara 1 : 1 juta
2 : 750 ribu
3 : 500 ribu
Fotografi
juara 1 : 750 ribu
2 : 500 ribu
Keterampilan dan Kreativitas
Juara 1 : 750 ribu
2 : 500 ribu
favourite vote : 300 ribu
Festival Band
Juara 1 : 750 ribu
2 : 500 ribu
favourite vote : 300 ribu
Lomba Resensi Novel 2009
BERITA BUKU BARU & LOMBA RESENSI NOVEL
Novel terbaru dari SALSABILA KAUTSAR UTAMA
MENJEMPUT HIDAYAH CINTA
Tunggul Tranggono

“Adhitomo adalah seorang profesional muda yang sempurna di mata kaum hawa. Pembawaannya yang sopan, ramah, perhatian, dan peduli, membuat banyak orang menaruh simpati. Dengan kelebihannya itu pun ia sukses dalam hidup dan pekerjaannya. Sayangnya, tak banyak wanita yang
memikat hati Adhitomo.

Suatu ketika, Adhitomo dimutasikan ke Medan. Di kota ini ia bertemu dengan seorang wanita yang meluluhkan kekerasan hatinya. Corina Anastasia, wanita cantik incaran banyak lelaki. Corina seakan
menjadi cermin bagi diri Adhitomo, demikian pula sebaliknya. Namun, sebuah tembok tebal membatasi keduanya untuk bersatu. Keyakinan mereka berbeda. Adhitama sendiri menyadari bahwa tidak mungkin
baginya meruntuhkan penghalang itu. Akankah Adhitomo berhasil bersanding dengan Corina? Berhasilkan mereka menyatukan potongan cinta mereka?

Tunggul Tranggono berhasil menganyam sebuah kisah yang memikat. Dengan konflik yang jalinan cerita yang mengalir, ia mengajak pembaca menyusuri sebuah perjuangan menjemput cinta. Ikuti kisahnya dalam novel MENJEMPUT HIDAYAH CINTA.”

SALSABILA KAUTSAR UTAMA mengajak rekan-rekan untuk mengikuti lomba resensi buku MENJEMPUT HIDAYAH CINTA. Kami akan memberikan paket menarik bagi 3 resensor terbaik.

Tuliskan resensi Anda maksimal 2 halaman kuarto. Jangan lupa sertakan alamat lengkap dan nomor telepon. Kirimkan ke alamat e-mail: fiksi_alkautsar@yahoo.co.id. Kami tunggu hingga 1 April 2009.


Jumat, 2009 Maret 06
Lomba Menulis Buku Traveling
Dapatkan 2 tiket ke Bali (PP), akomodasi (2 malam), plus uang saku! Caranya gampang banget. Bagi kamu yang senang traveling dan ingin berbagi cerita tentang tempat menarik yang telah dikunjungi, ikuti lomba menulis buku traveling seri Jalan-jalan dari GagasMedia. Karya yang terpilih akan dibukukan dan tentunya kamu berhak mendapatkan royalti atas penerbitannya.

Sebagai bahan acuan menulis, kamu bisa baca buku Jalan-jalan Bali karya Agung Bawantara dan Maria Ekaristi.

Kamu bisa menulis tempat wisata mana saja yang ada di Indonesia.
- Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya (Jawa tengah)
- Bandung dan sekitarnya (Jawa Barat)
- Sumatera
- Kalimantan
- Manado
- Maluku
- Wisata Air
- Wisata Pegunungan
- Dan lain-lain….

Isi naskah harus meliputi: cara mencapai lokasi wisata, tip dan trik berlibur, wisata kuliner, wisata budaya, budget bepergian, dan foto-foto objek wisata (ingat: foto adalah orisinal jepretan sendiri atau sudah ada izin dari si fotografer).

Syaratnya:
- Panjang naskah minimal 75 halaman, spasi 1.
- Naskah utuh (print out, bukan dalam bentuk CD) dikirim paling lambat tanggal 1 April 2009 ke alamat redaksi: Jl. H. Montong No.57, Ciganjur, Jakarta Selatan 12630.
- Tulis di pojok amplop: Jalan-jalan GagasMedia.
- Jangan lupa lampirkan biodata dan pernyataan tertulis bahwa karyanya adalah orisinal milik karya sendiri.
- Naskah yang tidak terpilih sebagai pemenang akan dijajaki lebih lanjut oleh penerbit (kemungkinan terbit juga ada, lho ?).
- Pengumuman pemenang tanggal 1 Mei 2009 .

Yuk, jalan-jalan keliling Indonesia dan mari menulis ?
“Travel does what good novelists also do to the life of everyday, placing it like a picture in a frame or a gem in its setting, so that the intrinsic qualities are made more clear. Travel does this with the very stuff that everyday life is made of, giving to it the sharp contour and meaning of art.” - Freya Stark
]

Jumat, 2009 Maret 06
lomba 2009 "Gokil Dad" Bagi-bagi Hadiah
*BE A GOKIL DAD!*

Dapatkan sebuah T’shirt eksklusif *I’m a Fan of Gokil Dad *dan Paket Buku
menarik dengan menjawab dua pertanyaan gampang berikut ini:

*Pertanyaan satu:*
Buat Dad: Pernahkah kamu ngelakuin hal-hal konyol atau gokil sebagai Dad?
Buat Mom: Pernahkah kamu mergokin suami ngelakuin hal-hal konyol atau gokil
sebagai Dad?

Ayo tulis kejadiannya. 1-2 halaman A4 saja. Gampang kan?

[Hah, belum menikah dan pengen ikutan ya? Eits, tenaaaang ... Masih boleh
ikutan kok. Tulis aja kejadian gokil yang pernah dialami Dad kamu.]

*Pertanyaan dua:*
Berapa jumlah popok yang dibuang Iwok? (Nah, yang ini jawabannya ada di buku
GOKIL DAD dalam cerita ‘Misteri Popok yang Hilang’)

Akan dipilih jawaban yang tepat dan menarik.

*Buat Dad dan Calon Dad akan mendapatkan :*
T’shirt ‘I’m a Fan of Gokil Dad’ untuk 5 pemenang, dan Paket buku untuk 5
pemenang berikutnya dari penerbit Gradien Mediatama.

*Buat Mom dan Calon Mom akan mendapatkan :*
T’shirt ‘I’m a Fan of Gokil Dad’ untuk 5 pemenang, dan Paket buku untuk 5
pemenang berikutnya dari penerbit Gradien Mediatama.

Ayo kirimkan jawaban kamu ke: gokil...@gmail.com
Subjek email: “Kuis Gokil Dad”
Selambat-lambatnya tanggal 29 Maret 2009
Jangan lupa tuliskan identitas kamu juga “
Nama lengkap :
Status : Dad/Mom/Calon Dad/Calon Mom
Alamat rumah:
No telp:

Pengumuman pemenang awal April 2009 di
http://iwok.multiply.com
http://iwok.blogspot.com
http://gokildad.wordpress.com
http://bloggradien.wordpress.com
**

*
*

*LOMBA RESENSI*

Tanggung, udah baca bukunya, udah tahu ceritanya. Kenapa ngga dibikin
resensinya sekalian?

Ayo tulis, posting di blog, dan kirim link-nya
ke gokil...@gmail.com

Ada 10 oleh-oleh untuk 10 resensi paling ciamik,yaitu:
5 buah T’shirt *I’m a Fan of Gokil Dad*
5 paket buku dari penerbit Gradien Mediatama

Pengiriman link Resensi ditunggu sampai 30 April 2009
Jangan lupa tulis subjek Emailnya :
Lomba Resensi Gokil Dad

Pengumuman awal Mei 200 di
http://iwok.multiply.com
http://iwok.blogspot.com
http://gokildad.wordpress.com
http://bloggradien.wordpress.com


--
Knowing me more at Dunia Iwok :
http://iwok.blogspot.com
http://buku-iwok.blogspot.com

Berbagai Lomba dan Kegiatan Digelar dalam Rangka Lustrum ke-3 Informatika UII
Lustrum ke-3 JTF akan diramaikan dengan serangkaian aktivitas yang secara garis besar terdiri-atas aktivitas: lomba, seminar, open house, bakti sosial, temu alumni, dan olah raga & seni. Berikut lebih lengkapnya:

1. Lomba desain logo

* Deskripsi: lomba ini bertujuan untuk membangkitkan daya kreasi mahasiswa khususnya di bidang desain grafis. Hasil lomba berupa logo LusTif akan digunakan oleh JTF sebagai logo resmi untuk rangkaian kegiatan lustrum ke-3 JTF. Panitia akan memilih 3 (tiga) pemenang.
* Peserta: mahasiswa JTF segala angkatan
* Waktu: Nopember–Desember 2008.

2. Lomba desain maskot

* Deskripsi: lomba ini bertujuan untuk membangkitkan daya kreasi mahasiswa khususnya di bidang desain grafis dan pembuatan replika. Hasil lomba berupa maskot LusTif akan digunakan oleh JTF sebagai maskot resmi untuk rangkaian kegiatan lustrum ke-3 JTF. Panitia akan memilih 3 (tiga) pemenang.
* Peserta: mahasiswa JTF segala angkatan
* Waktu: Nopember–Desember 2008.

3. Lomba cerdas cermat Teknologi Informasi

* Deskripsi: lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan generasi muda akan pentingnya teknologi informasi sekaligus sebagai ajang promosi JTF kepada masyarakat. Bebas biaya pendaftaran. Panitia akan memilih 3 (tiga) pemenang. Penyisihan online, sedangkan babak semi final (9 kelompok) dilakukan secara offline. Bagi juara I diberi kesempatan untuk menjadi mahasiswa Informatika UII tanpa tes masuk, ditambah beasiswa sebesar Rp 5 juta untuk pemenang pertama.
* Peserta: siswa-siswi SMA di Indonesia
* Waktu: April 2009.

4. Lomba penulisan essai

* Deskripsi: lomba ini bertujuan untuk melatih ketrampilan menulis kepada siswa-siswi SMA. Tema essai adalah ”Aku & Internet” di tanah air. Panitia akan memilih 3 (tiga) pemenang.
* Peserta: siswa-siswi SMA di Indonesia
* Waktu: April 2009.

5. Lomba blog

* Deskripsi: lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan dan membangkitkan daya kreasi masyarakat khususnya kreasi blog, sekaligus sebagai ajang promosi JTF kepada masyarakat. Panitia akan memilih 3 (tiga) pemenang. Tema: “Internet & Pembelajaran Modern”. Memasang banner Informatika. Kriteria penilaian: kualitas, isi, kontinuitas, dll.
* Peserta: Guru se-Indonesia
* Waktu: Mei 2009.

6. Lomba futsal SMA

* Deskripsi: lomba ini bertujuan sebagai ajang promosi JTF. SMA sekitar UII + SMA Islam.
* Peserta: siswa SMA di DIY (undangan)
* Waktu: April 2009.

7. Membuat Jingle

* Deskripsi: lomba ini bertujuan untuk membangkitkan daya kreasi mahasiswa khususnya di bidang seni. Hasil lomba berupa jingle LusTif akan digunakan oleh JTF sebagai jingle untuk JTF. Panitia akan memilih 3 (tiga) pemenang.
* Peserta: mahasiswa informatika UII
* Waktu: Februari 2009.

8. Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed)

* Deskripsi: seminar ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi TI di bidang medis sekaligus launching book chapter: Informatika Medis.
* Peserta: umum (praktisi & akademisi)
* Waktu: 16 Januari 2009.

9. Konferensi Nasional Teknologi Informasi (KNSI)

* Deskripsi: seminar ini bertujuan untuk diseminasi hasil penelitian di bidang teknologi informasi (Sistem Informasi).
* Peserta: umum (praktisi & akademisi)
* Waktu: 17 Januari 2009.

10. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

* Deskripsi: seminar ini bertujuan untuk diseminasi hasil penelitian di bidang aplikasi teknologi informasi.
* Peserta: umum (praktisi & akademisi)
* Waktu: 20 Juni 2009.

11. Open house

* Deskripsi: kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dan atau mempromosikan hasil karya mahasiswa JTF baik sebagai hasil Tugas Akhir maupun karya inovatif produktif.
* Peserta: laboratorium dan pusat studi di lingkungan JTF.
* Waktu: April 2009 (bersama dengan lomba cerdas cermat SMU).
* Waktu2: Agustus 2009 (bersama dengan orientasi mahasiswa baru)

12. Bakti Sosial

* Deskripsi: kegiatan bakti sosial bertujuan untuk menggalang rasa kepedulian dan kebersamaan dengan masyarakat.
* Peserta: masyarakat sekitar wilayah Yogyakarta
* Waktu: Juli 2009.

13. Pengajian

* Deskripsi: kegiatan pengajian bertujuan untuk memberikan siraman hati bagi sivitas akademika JTF.
* Peserta: mahasiswa, karyawan dan dosen JTF
* Waktu: Agustus 2009.

14. Temu Alumni

* Deskripsi: kegiatan ini bertujuan untuk tetap menjaga jalinan silaturahmi dengan para alumni sekaligus menjajagi adanya kemungkinan kerjasama dengan afiliasi para alumni.
* Peserta: alumni JTF segala angkatan
* Waktu: Mei 2009

15. Workshop I

* Deskripsi: Workshop membuat blog untuk dakwah
* Peserta: Remaja Masjid DIY
* Waktu: Agustus–September 2009

16. Workshop II

* Deskripsi: Workshop technopreneurship
* Peserta: alumni dan mahasiswa UII
* Waktu: April 2009

DALAM BAIT CINTA...DALAM UNTAIAN DOA...

10 Maret 2009



Dengan menyebut asma-Mu,
Allah Yang Maha Kasih lagi Maha Sayang…
Demi waktu…
Allah SWT telah berfirman dalam
Q.S.Al-Ashr!!! Waktu akan terus berjalan, dari awal menuju akhir. Yg terus menyaksikan KEHIDUPAN menuju KEMATIAN!!!
Yg terus mengantarkan…
setiap detik dan setiap nafas.


Waktu adalah makhluk yg abadi…
Menyertai setiap langkah manusia dalam hidup, sehingga dia tahu…
KEBURUKAN & KEBAIKAN manusia.
Waktu juga yg akan menemani manusia, memperoleh balasan dari segala yg mereka perbuat.
Saudaraku…
LIHATLAH KE DALAM DIRI…!!!!
Pejamkan mata duniamu, buka lebar mata hatimu…
Tak terasa, diri ini telah hidup di dunia selama belasan tahun. Sungguh,tak mengira,waktu begitu cepat berlalu…
Ingatlah baik-baik,ketika dirimu dalam keadaan lemah, buta, tuli, tak bisa bicara,hanya menangis memecah kesunyian.Ketika itu kita mulai diperkenalkan dengan dunia fana, kita menangis…
Entah,mungkin karena kita menyesal harus turun kea lam dunia, tempat segala cobaan & godaan syetan.
Karena pada dasarnya Nabi Adam a.s. turun ke dunia karena hukuman,dan hukuman tentunya terasa pahit.

Jerit tangis kita disambut dengan senyum haru Sang IBU, yg telah mempertaruhkan nyawanya demi kelahiran kita!!!Kelemahan kita ditutupi takbir adzan Sang BAPAK, yg mendambakan agar kelak sang anak menjadi orang yg saleh, orang yg baik, orang yg berguna, dan orang yg sukses tentunya!!!
Saudaraku…
Kita mulai beranjak tumbuh..mulai mengenal satu per satu benda dunia..mulai mengenal keindahan semu dunia.
Sehingga perlahan-lahan kita lupa akan komitmen yg telah kita ikrarkan di hadapan Allah Azza Wa Jalla, di alam kandungan, di mana waktu itu kita ditanya oleh Allah SWT,
“Bukankah aku ini Tuhan bagimu?”kemudian kita menjawab,”Ya, hanya Allah Tuhan bagiku!!!”
komitmen & perjanjian yg kita buat kemudian hilang, sirna oleh kemlau sihir dunia.
Dari sini coba kita renungkan dengan nuranimu yg suci…
Betapa kehidupan ini sungguh cepat, tak terasa..
Sebentar lagi muda akan berlanjut menjadi tua & tua akan berlanjut menjadi MATI!!!
Itulah perjalanan dunia…hanya lewat..
SEMENTARA!!!
Maka benar, dalam satu hadist dikatakan bahwa :
“Dunia adalah jembatan menuju akhirat”
karena di sini tak sedikitpun kebahagiaan dapat ditemukan.Apa yg kita dapatkan..yg kita genggam saat ini, suatu saat pasti adakalanya hilang.
Ada PERTEMUAN.. pasti ada PERPISAHAN…
Ada AWAL…pasti akan ada AKHIR…
Ada PAGI..pasti kan diakhiri waktu MALAM…
Dan..itu Cuma terjadi SATU KALI!!!

Karena hari ini tidak akan terulang lagi di hari esok!
Tahun ini tidak akan sama dengan tahun kemarin…
Bahkan detik ini sudah berbeda dengan detik yg akan datang…
Itulah WAKTU, Saudaraku…!!!
Waktu yg terus memaksa manusia untuk berlari manjalani kehidupan, sehingga bagi siapa yg berhenti, maka
SANG WAKTU yg akan membunuhnya…

Saudaraku…
Adakalanya kita lupa dan tidak sadar bahea kita dikejar sang WAKTU.Kita baru ingat dan sadar ketika sesuatu hilang dari sisi kita.Kita tahu..setiap yg bernyawa pasti akan MATI !!! Tapi kita baru sadar dan terpukul jika orang-orang yg kita cintai pergi…
Meninggalkan kita !!!
Renungkanlah..jika suatu saat nanti IBU & BAPAKmu telah tiada, sudahkah selama ini kita mempersembahkan yg TERBAIK untuk mereka ???
Kenanglah kasih sayang mereka…

BAPAK….
Tetes demi tetes peluh keringatnya, pengabdian tertinggi untuk keluarga, sebagai pemimpin, pengatur, pencari rizki bagi keluarga. Terkadang beliau tidak memperhatikan keadaan dirinya sendiri. Beliau rela tidak makan untuk keluarga…agar kita tetap bisa sekolah.
Tak jarang, beliau harus dihadapkan pada permasalahan yg pelik yg disembunyikannya dari keluarga.
Wajar…beliau tidak mau bebantersebut ikut ditanggung oleh istri dan anak-anaknya…
BAPAK…sosok gagah, tegar dan berwibawa yg kini telah tiada..lalu siapa lagi yg memimpin, mengatur,dan mencari rizki untuk keluarga??? Siapkah kita saat ini, untuk bisa seperti BAPAK???menjadi pekerja keras tanpa pamrih semata-mata demi keluarga?Apa yg mau kita berikan buat BAPAK, jika kenyataannya beliau harus meninggalkan kita??Sudahkah kita membuat beliau bangga??
Dengan akhlaq kita..dengan prestasi kita..dengan kebaikan-kebaikan kita…??
Atau sosok manusia ini hatinya malah membatu!!!
Hilang rasa hormatnya pada orang tua!!
Sehingga perilaku malah menjadi kasar terhadap mereka.
Tapi lihat…mereka tetap tersenyum..sang BAPAK tetap mengobatkan kita jika sakit…padahal umpatan dan cacian yg terlontar dari mulut ini mungkin sama sekali sudah sulit dihitung, karena begitu banyak!!!


IBU…

Ingatlah pengorbanan Sang IBU, yg menyayangi dan melindungi kita sejak dalam kandungan..yg merawat dan membela kita setiap saat, kesalahan dan kejelekan kita, ditutup rapat oleh IBU..
IBU hanya berharap..anaknya akan berubah suatu saat..
Coba ingat, ketika kita mendapat masalah,IBU-lah tempat terbaik untuk bercerita..nasihat-nasihat beliau begitu tulus, senyumnya begitu teduh, seolah beliau berkata:
“KAMU HARUS MENJADI ANAK YG BAIK !!!”
ketika sakit..IBU terus menunggui kita, membantu kita untuk segera sembuh, memotivasi untuk selalu bertahan.
IBU…yg selalu kita cium tangannya ketika berangkat beraktivitas…yg selalu kita jadikan pembela setiap saat.
IBU…yg melindungi dan mengatur, melayani kebutuhan kita,sehingga kita terlupa dan menganggap IBU sebagai pelayan dalam keluarga.
Sudahkah kita minta ampun kepada IBU..???
Atas kesalahan-kesalahan kita..atas umpatan dan cacian kita..atas kemarahan kita kepada beliau??
Atas kesewenang-wenangan kita..
memperlakukan dengan keji…,
Sosok yg mulia bernama IBU!!
Saudaraku…
Kita hanya melihat sedikit, tenteng perjalanan WAKTU!!!
Di mana mudah bagi Allah untuk mengambil BAPAK & IBU dari sisi kita… WAKTU tidak dapat diramal, sehingga saat-saat pahit itu, ketika harus berpisah dengan
BAPAK & IBU,sangat tidak bisa diperkirakan, akan tiba saat itu dengan cepat, pahit dan luka…
Karena dua sosok yg amat berharga dalam hidup kita…
Kini tiada!!!

Itu baru kita RENUNGKAN…!!!
Dan kenyataannya, sekarang kita masih mendapati mereka menanti kedatangan kita, kepulangan kita di rumah, kita masih mendapatkan kasih sayang mereka setiap saat…Untuk itu,belum terlambat jika mulai saat ini kita mencobauntuk mulai menghargai jerih payah mereka..untuk memberikan yg TERBAIK bagi mereka..
Menunjukkan PRESTASI & KESUKSESAN kita, untuk ditukar dengan senyum BANGGA & BAHAGIA dari mereka…!
Saudaraku…
Masih banyak yg harus kita lakukan untuk menghadapi sang WAKTU,dengan mempersembahkan yg TERBAIK bagi DUNIA dan AKHIRAT!!!
Karena sekali lagi, WAKTU tidak akan berhenti…
WAKTU akan terus berjalan..sehingga usaha kita hanya siap untuk menghadapinya detik demi detik…

Hidup membutuhkan KETEGARAN dan KEKUATAN untuk menjalaninya,karena besok dan seterusnya, kita tidak akan tetap muda, pasti akan beranjak tua dan mati…
Persiapkan masa depanmu mulai saat ini !!!
Dan biarkan hari-hari cerah di masa depanmu akan terwujud..bersama IKHTIAR dan DOA mu…


(10 Maret 2009...semoga Engkau tegar, sahabatku...semoga bundamu tersnyum bahagia di sisi-Nya...)