KAJIAN BINA RUHIYAH (KABIR II SKI FMIPA UNS)

18 April 2009

Malam, 17 April 2009…Setelah malam sebelumnya (16 April 2009) ku harus merasakan nikmatnya sakit, hingga membuat ku menangis karena melawan rasa sakit itu, rasa sakit yang teramat sangat… tapi Alhamdulillah, diri ini mampu kuat bertahan…keajaiban itu datang…dan akhirnya..aku SEMBUH‼! (terima kasih buat kacang rebusnya..hehehe…).

Seabrek aktivitasku hari jumat ini, mulai dari pagi ujian terakhir mikrobiologi bahan makanan dan obat (alhamdulillah, bisa ngerjain. meski cuma belajar setengah jam karena semalam bener" tepar. tapi hanya keyakinan PASTI BISA dan kekuatan dari-Nya yang mampu menggerakkan penaku...di lembar jawaban itu...); konsultasi proposal skripsi (judulku diganti…); kumpul temen-temen seangkatan 2006, bantuin “mybestfriend” nyari “RUMPUT MUTIARA” di halaman lab pusat, depan perpus pusat, demi meraih gelar sarjana science (buat penelitian skripsi gitu…),mungkin orang-orang yang melihat aktivitas kita kala itu berpikir “ngapain ni orang??? nyabutin rumput??gak jelas banget tau, kaya gak da kerjaan aja, dsb..”hehehe.. But, sebagai BIOLOG, kita bener2 CUEK…mereka mungkin tidak pernah mengira, klo rumput jenis itu, yang mungkin sehari-hari diinjak atau dipandang sebelas mata, tapi dia benar-benar istimewa, karena mengandung senyawa antikanker. Subhanallah..

Karena perut ni sudah gak bisa diajak kompromi lagi pada maen keroncongan terus, akhirnya aku, Fina n Ochi yang kebetulan saat di halaman perpus juga ikut “MERUMPUT”, segera kabur ke Bu Warni…maknyuzzz…Alhamdulillah, ku dah lumayan sehat‼! Tak hentinya nikmat ini kusyukuri..

Abiz makan..kekost bentar…(tiba-tiba agak kambuh lagi)…ku rehat bentar…jam di N5300 ku dah menunjukkan pukul 13.15 ku bergegas ke suatu tempat…bertemu dengan orang-orang luar biasa. 15 menit di sana ku segera berpindah menuju ke suatu tempat yang lain lagi untuk bertemu dengan orang-orang yang tak kalah luar biasa dan visioner… (agenda yang bersamaan..dalam waktu yang sama di tempat yang berbeda...)Seperti biasa, Pejalan Kaki Sehat…Ya Rabb, berikan hamba selalu kekuatan, kesehatan, dan kemudahan…amin.

Pasca itu, ku segera shopping beli buah untuk bikin parcel…Alhamdulillah dapat boncengan. Then kita meluncur ke MIPA..
15.30 : koordinasi asisten Ilmu Pengetahuan Lingkungan…setelah kelar
16.00 : Ujian MK…
17.00 : Rapat besar Pekan Ilmiah Mahasiswa di Porsima
…ketika ku naek motor ma Ana, sahabatku..setelah ujian MK, Subhanallah…ada PELANGI‼!
Betapa indahnya…tak henti lidah ini mengucap syukur…seketika hatiku merasa gembira…Allah telah menunjukkan kecintaan-Nya kembali, terlebih untukku..hari ini‼!
Sore yang begitu indah…Langit begitu anggun, mempesona..
18.00 : Back to boarding house…prepare buat mabit KABIR…
19.00 : dan kembali kaki ini melangkah menuju masjid perjuangan…
berbekal niat tuk mencari "SESUATU YANG HILANG" DARI RUH INI...
Berangkat KABIR, salah satu proker SKI...

Sampai di lantai 2..ku bergegas berkumpul bersama saudari"ku yang teramat sangat kucintai karena Allah...
paling seru..bungkus parcel buah bareng-bareng sebelum acara dimulai.

KABIR dimulai jam 08.20 di Aula Barat Masjid Nurul Huda UNS.
Acara diawali dengan pembukaan, tilawah, sambutan-sambutan, dan acara inti dengan pembicara : Akh. Anto Suryo Pribadi, S.Pd
, yang mungkin dengan seabrek aktivitasnya hari itu beliau masih berkenan menyempatkan diri untuk transfer ilmu, berbagi pengalaman dengan kita semua..


TETAP ISTIQOMAH, KETIKA KEJENUHAN ITU DATANG

Tema kabir malam ini...

Akh. Anto pun mengawali dengan penuh antusias dan interaktif membuat suasana begitu cair sehingga kita dapat dengan mudah menerima apa yang beliau sampaikan...

Penasaran dengan apa yang Nungma dapat saat KABIR???
nih Nungma bagi....

JADILAH PANGLIMA ‼! (Salah satu prinsip hidup cerdas, selain DZIKRUL MAUT ‼!)

(Sub tema dari Akh. Anto...)

Kejenuhan…rasa futur..pasti semua orang pernah mengalami. Karena pada dasarnya dalam kehidupan kita, suatu ketika kita pasti akan mengalami suatu titik klimaks. Titik dimana kita mungkin berada pada situasi dan kondisi saat raga mulai lemah, langkah terasa lelah, semangat pun terasa payah…dan pada puncaknya kita benar-benar berada pada fase kejenuhan. Mulai luntur semangat juangnya, tidak fokus lagi pada tujuan, dan kondisi lain yang itu mungkin akan mampu melenakan da mengalihkan kita dari orientasi kita sebelumnya…

JADILAH UMAT YANG BERPIJAK DI BUMI, NAMUN CITA-CITA TERGANTUNG DI LANGIT NAN TINGGI ‼

“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
(Q.S. Al Hasyr : 18)


Diri kita diibaratkan “MOTOR” yang pasti memerlukan “MOMENT” atau kesempatan untuk isai bahan bakar (bensin).
Nah, bagaimana dengan diri kita??? Kita sebagai manusia biasa, seorang makhluk-Nya yang pasti punya banyak keterbatasan, di samping kelebihan/potensi yang pasti ada pada diri kita. Tak heran, jika suatu ketika kita sudah benar-benar merasa begitu lelah, capek, bosan, penat, dan seabrek istilah lain yang mungkin pernah singgah dalam keseharian kita. Saat seperti inilah kita dituntut untuk bisa bijak dalam menyikapinya. Jangan sampai berlebihan…terlalu sibuk “istirahat” tapi justru itu hanya akan membuat kita terlena…‼! Suatu ketika, memang ada saatnya kita untuk “berhenti sejenak”, mengisi “bahan bakar” itu…di saat kita merasa jenuh dan lelah…tapi sekali lagi, jangan sampai “fase dormansi” itu dijadikan sarana yang justru akan melenakan..

Kejenuhan pasti akan datang‼! Tapi, rasa jenuh itu harukita manfaatkan untuk semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT…karena pasti ada kesempatan kita untuk terus berdoa di saat kesempitan…

Bagaimana cara kita TETAP ISTIQOMAH KETIKA KEJENUHAN ITU DATANG ?? ‘n MOTIVASI BERJUANG untuk SENANTIASA BANGKIT
(rangkuman dari materi dan jawaban atas pertanyaan Nungma)

•Ketika ada KESEMPATAN UNTUK BERAMAL, secapek apapun Insya Allah tetap dilakukan…
•Ketika ada TUJUAN dan MIMPI BESAR yang ingin dicapai, KEJENUHAN itu pasti AKAN HILANG SENDIRI‼!
•Perbanyak SEDEKAH‼

Betapa banyak keajaiban dan kekuatan dari sedekah. Karena Allah swt mencintai orang-orang yang bersedekah…
•Ingat orang-orang yang sangat berjasa dalam hidup kita..ayah…ibu…adik….atau kakak…dan keluarga terdekat kita. Karena kita akan senantiasa menyadari betapa mereka sangat berarti dan akan selalu berarti dalam hidup dan kehidupan kita..
•Ketika IMAN kita MENINGKAT, KEPEKAAN kita akan MENINGKAT‼!
•JANGAN PERNAH LELAH, TETAP BERSYUKUR‼! Karena syukur adalah salah satu kunci kebahagiaan hidup..‼!
•Kita harus senantiasa YAKIN, pasti aka nada KEAJAIBAN ‼‼
•KETEKUNAN dan KERJA KERAS ‼
•SUNGGUH-SUNGGUH‼
•LURUSKAN NIAT‼!
•Marilah, ber- FASTABIQUL KHAIRAT ‼ Berlomba-lomba dalam KEBAIKAN


Agar TAWAZUN dalam mengemban amanah,baik dalam dunia akademis (perkuliahan) dan sebagai aktivis dakwah kampus : (jawaban atas pertanyaan Nungma)
1.SENYUM dalam menghadapi sesuatu dan selalu bersyukur dalam kondisi apapun.
2.Lakukan yang TERBAIK ¡‼
3.Ingatlah, TUJUAN dan MIMPI-MIMPI mu..


•Tujuan yang mulia dan lurus, Insya Allah, Allah akan memberikan kemudahan.
•Ketika kita ingin memperoleh MIMPI dan bisa memuwudkannya, so we must:
-Ikhtiar, berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan mimpi itu.
-Meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah swt.
-Yakin, KEAJAIBAN itupasti akan datang‼! Yakin pada-Nya…

SEBUAH TAUSHIYAH dari UST. YUSUF MANSYUR….”KeTiKa Allah swt MeNCinTAi KiTa….” :
1.Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
2.Tidak ada keinginan yang tidak dijawab oleh Allah swt.
3.Tidak ada dosa yang tidak diampuni.
4.Kita akan meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah


So, JANGAN PERNAH LELAH DAN JENUH…ALLAH SWT SANGAT MENCINTAI KITA‼
SELALU SENYUM DAN BERSYUKUR, JADILAH PANGLIMA DIMANAPUN ANTUM WA ANTUNA BERADA ….‼‼


Key Word : Tetap MOVE ‼‼!
Ayo, Saudara/i ku…Ayo, Sahabatku…KITA BANGKIT‼!
WUJUDKAN MIMPI DAN CITA MULIA KITA‼!

Jangan berharap pada manusia, karena hanya kita sendirilah yang mampu MERUBAH DIRI KITA SENDIRI…‼!
BERJUANGLAH UNTUK SENANTIASA BANGKIT‼!


“LELAH” hanyalah alasan klasik tatkala tangan ini malas untuk menerima amanah. “LELAH” hanyalah alasan klasik tatkala punggung ini malas untuk memikulnya. “LELAH” hanya alasan klasik tatkala kaki ini malas untuk melangkah di jalan-Nya. “LELAH” hanyalah alasan klasik tatkala raga ini tak menopang jiwa. TETAP SEMANGAT YA‼! Meskipun lelah mempersiapkan “HARI-HARIMU”…TETAP JAGA RUHIYAH…ALLAH menilai PROSES yang kita lakukan.” (16 April 2009, 06:23:01)



“Negeri ini menanti lahirnya generasi penuh INSPIRASI bak senyum rembulan penerang gelapnya malam. Generasi penuh IMPIAN seperti tatapan tajam bintang tinggi di langit biru. Generasi PEJUANG berhias PENGORBANAN dan pewaris jiwa-jiwa para gerilya. Merekalah sosok PAHLAWAN bangsa ini di masa depan. Semoga kita jadi bagian daripadanya. Atau bahkan kita lah PANGLIMA nya…‼!



(Inspiring Zone, ZONA TWIN – Kost Pink, ditulis 18 April 2009..hari yang luar biasa dan spektakuler dalam hidupku…Terima kasih Ya Rabb, SKENARIO-Mu begitu INDAH…Terima kasih atas CINTA-Mu…‼!)

2 komentar:

Arief Adi Nugroho mengatakan...

wah wah...
mbakku nyetet ...
hebat hebat....

mbak, menurutmu tawazzun itu gimana? nek aku kurang sepakat sama tawazzun kie...

AKHWAT VISIONER mengatakan...

gak sepakatnya gimana???