KM2B = Kajian Mahasiswa Muslim Biologi 2006

25 Februari 2009




Kajian angkatan Keluarga Mahasiswa Muslim Biologi (KM2B) diawali dengan pembukaan oleh Korti (Tikno),kemudian dilanjutkan dengan tilawah oleh Bimo (Q.S. Al Anfal…ehm… inspirator sejati nich….) then sambutan lagi oleh korti, kemudian baru acara inti. Sebuah taushiyah penuh makna yang akan disampaikan oleh Akh. Puji Kurniawan, S.Si, dengan tema THE MIRACLE OF “UKHUWAH”….

Ukhuwah = persaudaraan, sesuatu yang terikat oleh akidah (ukhuwah Islamiyah); saling bersahabat/ bersaudara
Konsepsi ukhuwah ada 5 tingkatan :
1. Ta’aruf = saling mengenal
2. Tafahum = saling memahami
3. Takaful = saling menanggung beban
4. Ta’awun = saling menolong
5. Itsar = mendahulukan kepentingan orang lain


Ukhuwah yang murni :

• Terjalin rasa kasih sayang yang tulus
• Ikhlas tanpa niatan apapun kecuali untuk mencari ridho Alloh (untuk IBADAH)
• Memberikan ‘kemanfaatan’ bagi sekitarnya


Akh. Puji juga mengajukan sebuah pertanyaan…”Apa sich ARTI SAHABAT buat adik-adik??”
• Tya menjawab…”Sahabat adalah orang yang selalu ada saat suka dan duka…”
• Ika Fitri pun juga beropini…”Sahabat adalah orang yang senantiasa mengingatkan diri kita ketika kita SALAH dan selalu menjaga kita dalam KEBAIKAN…”
Nungma sepakat dengan dua statement itu!!!

Menurut Akh. Puji, dengan berpetualang dapat memupuk jiwa kebersamaan. Saya sependapat dengan beliau, karena “Jika kita ingin mengetahui karakter seseorang, maka lakukan perjalanan panjang dengan mereka….”. statemen ini benar-benar terbukti dalam pengalaman hidupku. Ku bisa mengenal lebih dekat orang-orang yang selama ini berinteraksi dengan ku ketika aku melakukan perjalanan atau sebuah ‘petualangan’ dengannya ke suatu tempat untuk urusan tertentu…

“Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan tali persaudaraan”
Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga ukhuwah yang telah kita jalin, agar ukhuwah itu dapat memberatkan timbangan amalan kita kelak di akhirat. Lalu, bagaimana cara kita menjaga dan memupuk ukhuwah itu???
Di kajian ini Akh. Puji menyebutkan beberapa hal yang bisa kita lakukan agar ukhuwah itu ‘tetap sehat’ bahkan ‘semakin kuat dan kokoh’….
1. Niatkan hanya untuk IBADAH dan mencari RIDHO ALLOH SWT
2. Landasi dengan ‘KETULUSAN’ dalam berinteraksi.
3. Selalu KHUSNUDZON (berprasangka baik kepada sahabat kita)
4. Tampilkan kharakter kita apa adanya.
5. Lakukan ‘praktek kebaikan’ setiap saat menggunakan ‘prinsip dan karakteristik antagonis dari kinerja setan’
(istilahnya….he22x), yaitu :
a. Suatu tindakan untuk melakuan suatu kebaikan dan kemanfaataan akan ‘MELINTASI’ atau mengalir dalam fikiran kita.
b. Kemudian akan menjadi sebuah ‘PEMIKIRAN’.
c. Selanjutnya akan menjadi sebuah ‘ANGAN-ANGAN’ untuk dapat melakukan kebaikan itu.
d. Merasuk ke dalam hati, dan menjadi sebuah ‘TEKAD’ ingin segera melakukan kebaikan itu.
e. So, kalo ada KESEMPATAN akan MELAKUKAN tindakan KEBAIKAN dan KEMANFAATAN itu….

Saat diskusi…. (Nungma yang ngajuin pertanyaan)
1. Bagaimana sikap yang seharusnya kita lakukan ketika sahabat yang semula dekat sekali dengan kita dan “sejalan/memegang prinsip yang sama terhadap sesuatu’’, tetapi di tengah perjalanan kisah persahabatan mereka terjadi “perbedaan prinsip’’ (menyimpang) yang justru mengakibatkan terjadinya ‘pertengkaran kecil’ diantara keduanya??? (padahal sudah mencoba untuk mengingatkan, tapi malah jadi ‘musuhan’…)
• Apapun yang terjadi, kita tetap BERFIKIR POSITIF kepadanya.
• Apapun yang dia lakukan terhadap mu (misalnya, karena perbedaan prinsip tersebut dia jadi memusuhi mu), tetap lakukan KEMANFAATAN buat dirinya.
• Berdoa, karena…
‘’HIDAYAH itu datangnya dari Alloh SWT, sebagai manusia kita hanya mampu “MENGUSAHAKAN”…
• Memaafkan itu lebih berat…(walaupun terkadang kita tidak merasa bersalah sekalipun).
2. Virus-virus ukhuwah itu apa aja sich ??
a. Su’udzon (berprasangka buruk terhadap sahabat/saudara kita
b. Sikap kita (yang negatif-negatif tentunya…)
Dll…
3. Bagaimana cara kita memulai kembali sebuah jalinan ukhuwah, yang sebelumnya sudah rusak?? (mungkin karena terpisahkan jarak dan waktu atau terjadi sebuah pertengkaran sebelumnya)
Jawabannya cukup singkat…KOMUNIKASI!!!
(Yap, betul, tapi…yang menjadi kendala yang ku alami sekarang…untuk menjalin komunikasi saja sulit banget bahkan ku bingung bagaimana caranya…) Ya mungkin dengan BERDOA, aku akan dapat memulai kembali jalinan persahabatan itu…

Kajian angkatan ini usai pukul 09.10 WIB. Alhamdulillah, banyak inspirasi yang ku dapat…untuk senantiasa memperkokoh ukhuwah dengan 2 konsep yang diberikan oleh Akh. Puji, yaitu KONSEP IBADAH (semua hal yang kita lakukan tergantung NIAT kita) dan KONSEP KEMANFAATAN (yang Insya Allah akan mendatangkan KEBAHAGIAAN dalam kehidupan kita…”Sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling BERMANFAAT!!!”)
Syukron jiddan untuk Akh.Puji….

Somoga kajian angkatan ini bisa dilaksanakan secara periodik dan kontinyu, dan semoga ikatan ukhuwah di antara kita semakin kuat dan kokoh…kita bersatu karena-Nya dan berharap berpisah pun juga karena-Nya…

“Sesungguhnya Engkau tahu…bahwa hati ini tlah berpadu, berhimpun dalam naungan Cinta-Mu. Bertemu dalam keTAATan, bersatu dalam PERJUANGAN…menegakkan SYARIAT dalam keHIDUPan… KUATkanlah IKATANnya, KEKALkan lah CINTA nya,, TUNJUKI lah jalan-jalannya… Terangilah dengan CAHAYA-Mu yg tiada pernah padam… Ya Rabbi, bimbinglah kami…. Lapangkanlah dada kami dengan karunia IMAN, dan indahnya TAWAKKAL pada-Mu… Hidupkan dengan MAKRIFAT-Mu, Matikan dalam SYAHID di jalan-Mu… Engkaulah Pelindung dan Pembela” (DOA RABITHAH_PENGIKAT HATI)

With My Deepest Love coz Alloh…
Nungma

0 komentar: