MELATI [2]: Salam SD… [S]emangat [D]ahsyat!

22 Juli 2012



Welcome to the real world!
Kunci gerbang pasca kampus sudah aku pegang. Selanjutnya adalah saat yang tepat untuk membukanya kemudian bersiap memasuki “the real world” –dunia pasca kampus! Alhamdulillah, tidak perlu menjalani fase penantian terlalu lama untuk mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan aktualisasi diri. Bulan Juli 2010 aku diterima kerja di dua tempat sekaligus (aku menerima kabar diterima pada dua pekerjaan itu dalam waktu yang bersamaan). Pertama, sebagai pengajar SD dengan status freelance di sebuah bimbingan belajar terbesar di Indonesia, Ganesha Operation dan sebagai penulis freelance di salah satu penerbit cabang  Jakarta. Ada banyak kisah seru euy…
***
Jauh-jauh hari sebelum mempersiapkan kelulusan, aku sudah mulai merancang apa saja yang harus aku persiapkan untuk memasuki dunia pasca kampus. Ada dua hal yang ingin aku tekuni, yaitu: menjadi PENGAJAR dan PENULIS.

Pasca menjalani episode “penceplokan” hari ke-19 di bulan Maret, aku masih menjabat sebagai asisten praktikum di MIPA sampai bulan Mei. Selain itu, aku  juga masih beramanah sebagai Ketua Divisi Research di SIM (Studi Ilmiah Mahasiswa) BEM UNS sampai bulan September 2010. Dan di bulan Mei ada momentum akbar yang diselenggarakan oleh SIM BEM UNS, yaitu FILM (Festival Ilmiah Mahasiswa). Otomatis, membutuhkan konsentrasi lebih juga! Sebelum wisuda Juni, aku sempat menuliskan road mapping untuk kehidupanku pasca kampus. Perencanaan disusun sedemikian rupa. Hingga tertulis, Insya Allah Juli sudah bekerja! Atas izin Allah Swt, apa yang pernah aku tuliskan itu menjadi kenyataan. Alhamdulillah…

Salam SD!
Bulan Juli aku mendapatkan panggilan tes tertulis di Ganesha Operation Solo. Akhirnya, aku memilih untuk mendaftar sebagai pengajar SD. Why??? Semula ada seorang kakak tingkat yang sudah terlebih dahulu bekerja di GO Solo mengabarkan kalau ada info lowongan kerja di GO, beliau menyuruhku untuk mendaftar menjadi pengajar Biologi SMA. Sempat bimbang, karena semula aku ingin merambah dunia anak-anak terlebih dunia pendidikan bagi mereka. Aku ingin belajar psikologi anak dengan terjun langsung ke dalam dunia mereka. Aku ingin mencoba sesuatu yang baru, sesuatu yang menantang! Ketika aku mengutarakan keinginan tersebut, beberapa orang ada yang menyangsikan, “Mendingan ngajar SMP/ SMA, ilmu Biologi-mu masih kepake…dsb”. Banyak deh yang berusaha menentang!

Sampai akhirnya di antara kebimbangan dan kebingungan, aku mencoba khusyuk istikharah, melibatkan-Nya dalam membuat sebuah keputusan: mengajar SD ataukah SMP/SMA? Menjelang registrasi ulang tes, sekaligus memilih tingkat apa yang akan aku masuki, ada kata-kata yang selalu berdengung di telinga dan bergemuruh mahahebat di hati ini. Hanya dua kata: Semangat Dahsyat! SD! Bismillah, semoga inilah pilihan yang TEPAT dan TERBAIK… Dan aku semakin memantabkan hati dalam menetapkan pilihan tersebut. “Aku senantiasa melibatkan-Mu, Ya Rabb… Semoga ini menjadi salah satu jalanku untuk menjemput rezeki dari-Mu!”

Pada tanggal 17 Juli 2010, aku melaksanakan tes tertulis di GO. Subhanallah, banyak sekali ya yang ikutan tes? Saat mencuri dengar obrolan mereka, kebanyakan yang mau ikut tes menjadi pengajar SD adalah lulusan dari PGSD UNS. Heuheu… Dalam hati, aku tetap OPTIMIS! Semuanya sudah dirancang Allah Swt dengan sangat indah dalam skenario-Nya yang luar biasa. Kewajiban manusia hanyalah ikhtiar maksimal dan berdoa sungguh-sungguh, selanjutnya tawakkal. Pokoknya, Semangat Dahsyat!!!

Soal tes tertulis seperti soal-soal olimpiade tingkat SD dan yang diujikan adalah semua mata pelajaran. Sempat kewalahan juga saat mengerjakan soal IPS dan PKN. Hehe… Tapi optimis bisa mengerjakan Matematika dengan OK! Aku sangat mencintai Matematika! IPA juga… Aku mengandalkan ingatan-ingatan zaman SD dulu. Hihi…

Menikmati detik-detik penantian, di sela menikmati pula saat-saat terindah yang selalu penuh surprise dari-Nya. Aku pun mendapatkan panggilan dari penerbit kemudian mulai berkarya…

Pada tanggal 23 Juli 2010, akhirnya aku mendapatkan panggilan dari GO untuk mengikuti tes microteaching pada tanggal 24 Juli 2010 (hari Sabtu keesokan harinya). Padahal malam itu aku ada mabit (malam bina iman dan taqwa) di masjid kampus. Ada amanah penting yang harus segera dituntaskan. Jadi, persiapanku untuk tes microteaching kurang maksimal. Bismillah, optimis sajalah… pasti Allah Swt memudahkan! Aku selalu teringat janji-Nya dalam Al Qur’an Surat Muhammad ayat 7, yang artinya:
“Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

Pada akhirnya, aku diterima di GO Solo. Alhamdulillah…
***
Tepat dan Terbaik!
Skenario Allah Swt memang sangat indah…
Tak terasa dua tahun sudah aku menempa diri di Ganesha Operation Solo. Banyak kenangan manis yang takkan terlupakan, tapi yang paling manis terekam dalam ingatan adalah saat aku terpilih menjadi pengajar SD dengan kategori “Tugas Terbaik” dalam Diklat Pengajar SD GO se-Jawa Tengah. Surprise luar biasa saat itu… Dan “penghargaan terindah” dari GO masih aku simpan dengan sangat baik.

Kini, jejak baru akan kembali aku ukir. Meski aku akan berpindah “gerbong” tapi kita masih berada dalam “rel” yang sama. Masih dengan GO…GO… I PEACE! yang menjadi jargon kita, yang semoga itu tidak hanya sekadar jargon tapi bisa mendarah daging dalam keseharian kita.
[I]ntegrity
[P]assion
[E]xcellent
[A]ssist
[C]oncistent
[E]nthusiasm

***
“Bahagia itu juga tentang ingatanmu akan kenangan saat pertama kali berjumpa dengan seseorang kemudian jiwanya bersemayam dalam hatimu. Hingga tiba masanya, ia mengucapkan kata ‘SAMPAI JUMPA’. Dan jika kelak ragaku pun tak lagi bersamamu, apa yang kemudian membekas di hati dan ingatanmu? Harapku, semoga kenangan terindahlah yang tertinggal dan ingatanmu tentang hari-hari kita yang penuh cinta dalam lukisan indah bianglala…”
[Keisya Avicenna]

NB: Untuk rekan-rekan hebatku para pengajar SD se-Solo, jika ada nama Bu NM yang disebut, semoga “Semangat Dahsyat” yang selalu teringat! Hehe… Aku pasti akan sangat merindukan kebersamaan kita di GO Mawar (tempat yang sering kita jadikan ajang nongkrong bareng_rapat.com!^_^). Mohon maaf atas segala salah dan khilaf yaa… Tetep jaga komunikasi dan jangan lupa undangannya kalau ada kabar-kabar bahagia (berlaku untuk yang masih berstatus “jomblo bahagia” dan kabar-kabar bahagia yang lain…). LUPH U ALL!!!

[Keisya Avicenna, Lembar Kedua di Bulan Ramadhan…]

0 komentar: